Kondisi TMP Kalibata Jelang Pemakaman Tjahjo Kumolo
Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia hari ini. Tjahjo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta.

Dari pantauan VOI di lokasi sekitar pukul 15.30 WIB, Jumat, 1 Juli, suasana masih tampak sepi tanpa penjagaan. Hanya sejumlah mobil berlalu lalang.

Selain itu, tak tampak karangan bunga di TMP ini. Warga maupun pelayat belum bisa memasuki kawasan pemakaman karena persiapan masih dilakukan.

Pemakaman Tjahjo nantinya akan digelar secara militer. Bertindak sebagai inspektur upacara, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Praktino.

CaptionTaman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Sebelum dimakamkan, jenazah Tjahjo disemayamkan di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra.

Berikutnya, jenazah akan dibawa ke Masjid Quba Kementerian PANRB untuk disalatkan dengan upacara persemayaman secara militer.

Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Sebagai informasi, Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat siang, pukul 11.10 WIB, setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit tersebut sejak pertengahan Juni.

Sekretaris Menpan RB Rini Widyantini mengonfirmasi berita duka tersebut melalui pesan singkat.

"Bapak Menteri (Tjahjo Kumolo) telah dipanggil Allah Swt. pada hari ini pukul 11.10 WIB. Kami mohon doa dari Bapak/Ibu dan rekan-rekan sekalian, semoga beliau diterima di sisi-Nya," ujar Rini.