Buruh Demo Tolak UU Cipta Kerja, Jokowi Berkantor di Istana Jakarta
Demo buruh di kawasan Patung Kuda Jakarta Pusat, Senin 2 November (Foto: Wardhany Tsa Tsia/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap beraktivitas di Istana Negara, Jakarta saat aksi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja berlangsung di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat.

"Hari ini terjadwal kegiatan Bapak Presiden di Istana Negara. Ada beberapa kegiatan," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dihubungi VOI, Senin, 2 November.

Dari informasi yang dihimpun, Presiden Jokowi diagendakan akan memberikan pengarahan di dalam Sidang Kabinet Paripurna pada pukul 13.30 WIB.

Saat ditanya ada-tidaknya rencana Presiden Jokowi maupun pihak istana menemui para demonstran, Heru mengatakan kemungkinan ada perwakilan yang akan menemui ribuan pedemo. Tapi tak disebutkan perwakilan yang dimaksud.

"Mungkin akan ditunjuk perwakilan," ujarnya.

Demo buruh di kawasan Patung Kuda Jakarta Pusat, Senin 2 November (Foto: Wardhany Tsa Tsia/VOI)

Kondisi terkini di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat pada pukul 12.40 WIB, massa aksi masih mendengarkan orasi dari Presiden KSPI Said  Iqbal dari atas mobil komando.

Dari atas mobil komando, Said menegaskan para buruh siap untuk melaksanakan aksi mogok kerja jika tuntutan mereka yaitu pembatalan UU Omnibus Law Cipta tidak dilaksanakan dan UMP 2021 tidak dinaikan.

"Bila pemerintah tidak menaikkan upah dan tidak membatalkan Omnibus Law, saya ingin menyerukan mogok kerja nasional akan dilakukan di seluruh Indonesia," tegas Said Iqbal dari atas mobil komando.

"Efek mogok kerja itu adalah stop produksi. Kami akan mengeluarkan instruksi resmi, enggak pakai takut takut, meminta dua minggu kawan kawan pabrik, anggota KSPSI, KSPI, pabriknya ribuan, kita instruksikan dua minggu," imbuhnya.