Soal Invasi Rusia ke Ukraina, Presiden Putin ke Presiden Jokowi: Saya akan Memberi Tahu Semua yang Terjadi di Sana
Presiden Jokowi bersama Presiden Putin di Kremlin. (Sumber: Kremlin.ru)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut hangat kedatangan Presiden Indonesia Joko Widodo ke Rusia, mengikuti perhatian Indonesia terhadap permasalahan ekonoomi dan konflik di Ukraina, Kamis.

"Saya sangat senang melihat Anda di Rusia, di Moskow. Saya tahu bahwa ini adalah kunjungan pertama Anda ke negara kita," ujar Presiden Putin, mengutip situs Kremlin Kamis 30 Juni.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Putin menyebut dirinya memperhatikan minat Indonesia untuk mengembangkan hubungan dengan Uni Ekonomi Eurasia. Presiden Putin juga memperhatikan Presidensi G20 oleh Indonesia, serta kepemimpinan ASEAN yang akan dijabat Indonesia tahun depan.

Mengenai situasi yang terjadi di Ukraina, Presiden Putin juga memperhatikan perhatian dan keingian Indonesia untuk membantu menyelesaikan krisis yang terjadi di Ukraina dan di Donbas.

"Dan tentu saja saya akan memberi tahu Anda secara rinci tentang semua yang terjadi di sana dan tentang visi kami megenai masalah ini," tukas Presiden Putin.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin menerima kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Kremlin, Moskow, Kamis, dengan sejumlah agenda pembicaraan yang akan dibahas oleh kedua pemimpin negara.

"Vladimir Putin mengadakan pembicaraan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo," tulis Kremlin di saluran Telegram.

"Agendanya meliputi kerja sama bilateral di berbagai bidang, perkembangan ekonomi global, termasuk dalam konteks kegiatan G20, isu ketahanan pangan global, dan kemajuan operasi militer khusus di Ukraina," lanjut Kremlin.

Diketahui, Presiden Jokowi tiba di Rusia, Kamis, 30 Juni 2022 dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang mendarat di Bandara Vnukovo II sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Selang sehari sebelumnya, Jokowi baru saja bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv.