Bagikan:

JAKARTA - Peneliti dari Universitas Syiah Kuala Prof Musri Musman mengungkap sejumlah manfaat dari minyak biji ganja. Salah satunya mengandung omega 3 dan omega 6.  

Hal itu diungkap Prof Musri saat rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi III DPR, Kamis, 30 Juni. Dalam rapat tersebut hadir pula ibu pejuang untuk ganja medis bagi anaknya, Santi Warastuti. 

Awalnya, Prof Musri menjelaskan soal jenis ganja untuk medis. Menurutnya, ada tiga golongan ganja untuk penggunaan medis yakni, Cannabis Sativa, Cannabis Indica, dan Cannabis Ruderalis. 

"Apa yang menjadi konsen Bu Santi mendapat perhatian kita semua. Seperti yang kita ketahui ganja itu dalam genus cannabis itu digolongkan dalam tiga. Cannabis sativa, itu daunnya runcing-runcing, dan batangnya tinggi tinggi, mengandung THC yang konsentrasinya lebih tinggi," ujar Prof Musri saat RDPU di ruang Banggar DPR, gedung DPR, Senayan, Kamis, 30 Juni. 

"Yang satu lagi cannabis indica, ini tumbuhan pendek paling tinggi dua meter, daunnya besar-besar. Satu lagi cannabis ruderalis itu yang disebut rami. Cannabis sativa disebut mariyuana, sedangkan indica disebut hemp. Di mana hemp dan mariyuana dilakukan oleh industri, pada saat itu belum ada klasifikasinya seperti ini. Itu penekanan yang kita buat," sambungnya.  

Dari tumbuhan tersebut, Prof Musri mengatakan orang bisa melihat pemanfaatan pada bijinya. Di mana mengandung sejumlah nutrisi yang dapat digunakan di dalam kehidupan sehari-hari. 

 "Karena dia tidak memunculkan halusinasi dalam grup psikotis," katanya. 

Dari sekian banyak informasi yang diperolehnya, yang paling penting adalah daya cerna oleh minyak ganja mampu diserap 100 persen oleh tubuh. 

"Jadi tidak ada istilah itu akan meracuni akan memabukkan karena mengandung yang kita sebut edestin 65 persen dan albumin 35 persen persis seperti kita makan telur ayam. Jadi nilai nutrisinya di sana," jelas Prof Musri.  

Selain itu, lanjutnya, minyak ganja juga memiliki kandungan omega 6 dengan omega 3. FAO mensyaratkan bila suatu bahan mengandung omega 3 (3 bagian) dan 6 (1 bagian) itu merupakan asupan sempurna untuk nutrisi. 

"Dalam satu sendok makan minyak ganja itu dapat menggantikan nutrisi untuk satu hari. Dan ini sangat mencengangkan penelitian yang dilakukan oleh orang. Belum ada tumbuhan yang bisa menghasilkan minyak dengan perbandingan omega 3 dan 6, 3:1 oleh minyak biji ganja," papar Musri. 

 

Demikian juga ada sejumlah vitamin. Di mana vitamin ini B1, B2 dan sebagainya bisa digunakan untuk stunting karena sifat nutrisinya yang tinggi. "Di situ kebermanfaatan minyak biji ganja banyak nutrisi," katanya. 

Kemudian, sambung Prof Musri, di dalam tubuh ada 20 asam amino, 10 disebut asam amino esensial, 10-nya disebut non esensial. Dari 10 asam amino esensial itu, kata dia, 9-nya terkandung di minyak biji ganja. 

"Dan itu mencengangkan bagi tenaga nutrisi, itu merupakan asupan yang perlu dipertahankan. Kita tidak bisa bertumbuh kalau tidak ada asam amino karena dialah yang merekatkan otot lemak kita," kata Prof Musri.