Yandri Susanto Jadi Wakil Ketua MPR, Fraksi PAN Ganti Ketua Komisi VIII Usai Tugas Pengawasan Haji
Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay/DOK FOTO VOI-Nailin In Saroh

Bagikan:

JAKARTA - Fraksi PAN DPR akan melakukan rotasi dan pergantian pimpinan Komisi VIII DPR setelah dilantiknya Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR.

Namun, pergantian pimpinan komisi VIII ini belum bisa langsung dilaksanakan lantaran masih menunggu musim haji selesai.  

"Sekarang kan lagi musim haji. Mas Yandri dan teman-teman di komisi VIII sudah jauh hari ditugaskan mengurus pengawasan haji. Nah, tugas ini sangat penting. Diselesaikan dulu. Semua pelaksanaan haji harus diawasi agar sukses dan semua jamaah dilayani dengan baik," ujar Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay, Kamis, 30 Juni. 

"Pergantian akan dilakukan, tetapi tidak harus buru-buru. Ini membuka kesempatan bagi anggota Fraksi PAN lain untuk menjadi pimpinan komisi," sambungnya. 

Menurut Saleh, Fraksi PAN memiliki banyak anggota yang cocok untuk menjadi ketua komisi VIII. Terutama jika dilihat dari latar belakang pendidikan, organisasi, pengalaman politik, dan kapasitas lain yang dibutuhkan. 

Dia berharap, ketua Komisi VIII yang akan datang tidak kalah kapasitasnya dengan Yandri Susanto.

"Sebetulnya orangnya sudah ada. Namanya nanti aja ya. Yang jelas, dulu pernah dan lama di Muhammadiyah. Dia bukan orang baru di PAN. Sudah lama meniti karir politik di PAN," kata Legislator Sumatera Utara itu.