Gelar Rapat dengan Menag Yaqut Bahas Penyelenggaraan Haji, Komisi VIII DPR Umumkan 'Tambahan Pemain'
Suasana rapat di Komisi VIII DPR RI (Foto: Nailin/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi VIII DPR RI menggelar rapat kerja dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Gedung DPR, Senin, 30 Mei. Rapat ini mengagendakan pembahasan persiapan pelaksanaan Ibadan Haji 1443 H/2022 M.

"Rapat pada hari ini memiliki nilai strategis dalam hal pengawasan tentang penyelengaraan Ibadah Haji dan Umrah," ujar Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto saat rapat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, 30 Mei. 

Menurut Yandri, pelaksanaan Ibadah Haji dan Umrah 1443 H tahun ini cukup berat untuk meyakinkan Arab Saudi bahwa Indonesia mampu melindungi jemaah haji. "Untuk itu Komisi VIII ingin mendengarkan penjelasan mengenai persiapan yang dilakukan baik dari segi aspek pembinaan, pelayanan dan perlindungan," katanya.

Dalam rapat hari ini, Ketua Komisi VIII DPR RI juga mengumumkan adanya rotasi dan penambahan anggota baru. Pertama, anggota Fraksi Golkar Jhon Kenedy Azis yang dirotasi dari Komisi II ke Komisi VIII menggantikan Anang Susanto. 

"Sebelum kami lanjutkan Pak Menteri ini ada penambahan atau perpindahan anggota. Pertama dari Fraksi Golkar ini warga lama nih sebenarnya Pak Jhon Kenedy Azis ini sempat mampir ke Komisi II sebentar," kata Yandri. 

Kedua, anggota Fraksi PKB Luqman Hakim yang baru dirotasi dari Wakil Ketua Komisi II DPR menjadi anggota Komisi IX, kini menjadi anggota tambahan Komisi VIII DPR.

"Kedua dari Fraksi PKB, yaitu Bapak Luqman Hakim sama sebelumnya di Komisi II ini Dapil Jateng 6. Kalau tadi Pak Jhon Sumbar 2. Ini penambahan pemain ini dari Fraksi PKB," katanya.

Ketiga, anggota Komisi II Fraksi PAN Ibnu Mahmud Bilalludin masuk menjadi anggota Komisi VIII DPR dari sebelumnya Komisi II DPR.

"Yang ketiga dari Fraksi PAN, yaitu ada penambahan Bapak Ibnu Mahmud Bilalludin nomor anggota A-503 dari dapil DIY, sebelumnya di Komisi II. Jadi tiga-tiganya di Komisi II. Selamat pada para anggota," ucap Yandri.