Kapolri Kukuhkan Kenaikan Pangkat Dankor Brimob Hingga PNS Korps Bhayangkara
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo/Foto: VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengukuhkan kenaikan pangkat ratusan anggotanya. Mulai dari Komandan Korps Brimo (Dankor Brimob) hingga Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Untuk Pati Polri ada 15, kemudian rinciannya satu Komjen ini pak Dankorbrimob kemudian enam Irjen atau pati bintang dua, kemudian delapan Brigjen," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu, 29 Juni.

Pengukuhan kenaikan pangkat inipun terkait dengan penguatan organisasi Polri. Misalnya, Irjen Anang Refando yang menjabat Dankor Brimob kini berpangkat Komjen atau bintang tiga.

Kemudian, pengukuhan jabatan Kapolda Lampung yang diisi Irjen Akhmad Wiyagus, Kapolda Gorontalo dengan Irjen Helmy Santika dan Irjen Daniel Tahi Silitonga sebagai Kapolda Papua Barat.

Dalam rangkaian pengukuhan itu, Kapolri juga menaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi terhadap 110 perwira menjadi Komisaris Besar (Kombes). Kemudian, 443 perwira Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), 303 anggota berpangkat Komisaris Polisi (Kompol).

Lalu, ada 572 perwira yang resmi berpangkat Inspektur Satu (Iptu) dan 597 taruna akademi polisi (akpol) yang resmi berpangkat Inspektur Dua (Ipda) .

Bahkan, ada juga dua pegawai negeri sipil (PNS) Polri yang dinaikan menjadi golongan empat atau setara jenderal bintang satu. Keduanya bertugas di Pusat Kedokteran dan Kesetahan (Pusdokkes) Polri.

"Penguatan Pusdokkes ini merupakan hal yang penting dua tahun penanganan COVID-19 oleh karenanya dibuka ruang jabatan lagi untuk Pusdokkes dua jabatan bintang satu ini diisi oleh PNS. PNS ini sudah eligible," kata Dedi.