Disdikbud Wanti-wanti Panitia Penerimaan Siswa SMP-SMA Hindari Pungli
Ilustrasi anak sekolah. (Antara)

Bagikan:

LAMPUNG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro, Lampung, mewanti-wanti pungutan liar (pungli) dalam proses penerimaan peserta didik baru (PPDB). Dia menegaskan panitia penyelenggara PPDB menghindarinya.

"Sudah diminta ke semua panitia penyelenggara PPDB untuk tidak melakukan kecurangan termasuk pungli. Kita ini kota pendidikan, jadi harus memberikan contoh yang baik," ujar Kepala Disdikbud Metro, Suwandi, di Metro, Lampung, Rabu 29 Juni.

Dia mengatakan, pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada panitia PPDB yang terbukti melakukan praktik kecurangan atau pungli.

"Tentu kita akan berikan sanksi sesuai aturan yang berlaku, ini bentuk tindakan tegas kita jika ditemukan panitia PPDB yang melakukan pungli," tuturnya disitat Antara.

Ia menjelaskan, saat ini pada tahapan PPDB untuk taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD) di Kota Metro telah selesai dilaksanakan dengan lancar dan berjalan dengan transparan.

"Bersyukur tidak ada kendala yang ditemukan dan memang proses PPDB dilakukan transparan. Nanti setelah ini baru kita tentukan tahapan selanjutnya untuk tahun ajaran baru," ucapnya.

Ia melanjutkan, untuk pelaksanaan PPDB tingkat sekolah menengah pertama (SMP) sudah mulai dibuka pada hari ini 29 Juni hingga 7 Juli mendatang.

"Mudah-mudahan nanti saat proses PPDB SMP juga tidak ditemukan kendala. Kita akan upayakan semua berjalan transparan dan akan dilakukan pengawasan terus," tandasnya.