Bunga Obligasi Jatuh Tempo dan Terancam Gagal Bayar, Rusia Sebut Sudah Tunaikan Kewajiban dalam Bentuk Dolar dan Euro
Kremlin, Rusia. (Wikimedia Commons/Минеева Ю.)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia tampaknya akan mengalami gagal bayar nasional pertama dalam beberapa dekade, karena sejumlah pemegang obligasi mengatakan mereka belum menerima bunga yang jatuh tempo pada Hari Senin, setelah berakhirnya batas waktu pembayaran utama sehari sebelumnya.

Rusia telah berjuang untuk mempertahankan pembayaran obligasi yang beredar 40 miliar dolar AS sejak invasinya ke Ukraina pada 24 Februari, karena sanksi besar-besaran telah secara efektif memutuskan negara itu dari sistem keuangan global, membuat asetnya tidak tersentuh oleh banyak investor.

Kremlin telah berulang kali mengatakan tidak ada alasan bagi Rusia untuk gagal bayar, tetapi tidak dapat mengirim uang kepada pemegang obligasi karena sanksi, menuduh Barat mencoba mendorongnya ke gagal bayar buatan.

Upaya Rusia untuk menghindari apa yang akan menjadi gagal bayar besar pertama pada obligasi internasional sejak revolusi Bolshevik lebih dari satu abad yang lalu, mencapai hambatan yang tidak dapat diatasi pada akhir Mei ketika Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) Departemen Keuangan AS, secara efektif memblokir Moskow dari melakukan pembayaran.

"Sejak Maret kami berpikir gagal bayar Rusia mungkin tak terelakkan, dan pertanyaannya adalah kapan," Dennis Hranitzky, kepala litigasi berdaulat di firma hukum Quinn Emanuel, mengatakan kepada Reuters, seperti dikutip Senin 27 Juni

"OFAC telah turun tangan untuk menjawab pertanyaan itu untuk kami, dan standarnya sekarang ada pada kami," sambungnya.

ilustrasi rusia
Presiden Rusi Vladimir Putin. (Sumber: Kremlin.ru)

Sementara gagal bayar formal sebagian besar akan bersifat simbolis, mengingat Rusia tidak dapat meminjam secara internasional saat ini dan tidak perlu berkat, pendapatan ekspor minyak dan gas yang berlimpah, stigma tersebut mungkin akan meningkatkan biaya pinjamannya di masa depan.

Pembayaran yang dimaksud adalah bunga 100 juta dolar AS untuk dua obligasi, satu dalam mata uang dolar AS dan satu lagi dalam euro, dengan Rusia dijadwalkan melakukan pembayaran pada 27 Mei, dengan masa tenggang selama 30 hari, yang berakhir pada Hari Minggu.

Kementerian Keuangan Rusia mengatakan telah melakukan pembayaran ke National Settlement Depository (NSD) dalam euro dan dolar, menambahkan bahwa pihaknya telah memenuhi kewajiban.

Terpisah, beberapa pemegang obligasi Taiwan belum menerima pembayaran pada hari Senin, sumber mengatakan kepada Reuters. Bagi banyak pemegang obligasi, tidak menerima uang yang terutang tepat waktu ke rekening mereka, merupakan gagal bayar.

Tanpa batas waktu pasti yang ditentukan dalam prospektus, pengacara mengatakan Rusia mungkin memiliki waktu hingga akhir hari kerja berikutnya untuk membayar pemegang obligasi.

Diketahui, obligasi Rusia telah diterbitkan dengan berbagai persyaratan yang tidak biasa, dan tingkat ambiguitas yang meningkat untuk obligasi yang dijual baru-baru ini, ketika Moskow telah menghadapi sanksi atas pencaplokannya atas Krimea pada tahun 2014 dan insiden keracunan di Inggris pada tahun 2018.

Rodrigo Olivares-Caminal, ketua hukum perbankan dan keuangan di Queen Mary University di London mengatakan, diperlukan kejelasan tentang apa yang merupakan pembebasan bagi Rusia atas kewajibannya, atau perbedaan antara menerima dan memulihkan pembayaran.

"Semua masalah ini tunduk pada interpretasi oleh pengadilan, tetapi Rusia belum melepaskan kekebalan kedaulatannya dan belum tunduk pada yurisdiksi pengadilan mana pun di salah satu dari dua prospektus," terang Olivares-Caminal kepada Reuters.

Dalam beberapa hal, Rusia sudah dalam keadaan default. Sebuah komite derivatif telah memutuskan 'peristiwa kredit' telah terjadi pada beberapa sekuritasnya, yang memicu pembayaran pada beberapa swap default kredit Rusia, instrumen yang digunakan oleh investor untuk memastikan eksposur utang terhadap default.

Ini dipicu oleh Rusia yang gagal melakukan pembayaran sebesar 1,9 juta dolar AS sebagai bunga yang masih harus dibayar atas pembayaran yang telah jatuh tempo pada awal April.

Sampai invasi Ukraina, gagal bayar berdaulat tampaknya tidak terpikirkan, dengan Rusia dinilai layak investasi hingga sesaat sebelum titik itu. Gagal bayar juga tidak biasa, karena Moskow memiliki dana untuk membayar utangnya.

OFAC telah mengeluarkan pengabaian sementara, yang dikenal sebagai lisensi umum 9A, pada awal Maret untuk memungkinkan Moskow tetap membayar investor. Itu membiarkannya berakhir pada 25 Mei, ketika Washington memperketat sanksi terhadap Rusia, yang secara efektif memotong pembayaran kepada investor dan entitas AS.

Lisensi OFAC yang kedaluwarsa bukan satu-satunya kendala yang dihadapi Rusia, karena pada awal Juni Uni Eropa memberlakukan sanksi terhadap NSD, agen yang ditunjuk Rusia untuk Eurobonds-nya.

Diketahui, Moskow telah bergegas dalam beberapa hari terakhir untuk menemukan cara menangani pembayaran yang akan datang dan menghindari gagal bayar. Presiden Vladimir Putin menandatangani dekrit Rabu lalu untuk meluncurkan prosedur sementara, memberikan pemerintah 10 hari untuk memilih bank untuk menangani pembayaran di bawah skema baru, menunjukkan Rusia akan mempertimbangkan kewajiban utang terpenuhi ketika membayar pemegang obligasi dalam rubel.