Pujian Anies untuk Jakarta: Tak Hanya Kotanya, Warganya Juga Berpikir Global
Anies Baswedan tersenyum sumringah saat memberi sambutan di acara puncak Jakarta Hajatan/tangkapan layar YouTube

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut kota yang dipimpinnya kini sudah berstandar global dan diakui dunia. Tak hanya dari segi infrastruktur, dia bilang warganya juga sudah berpikir maju ke depan.

Hal ini disampaikannya saat memberi sambutan di puncak acara Jakarta Hajatan memperingati HUT ke-495 DKI Jakarta di Jakarta International Stadium (JIS), Sabtu, 25 Juni malam.

"Bukan hanya infrastruktur, bukan hanya pengakuan dunia, bukan hanya event dunia yang terpenting adalah warga Jakarta adalah orang-orang yang sudah berpikir sebagai warga global," kata Anies disambut tepuk tangan pengunjung yang hadir di acara itu.

Dia mengatakan pola pikir semacam ini diperlukan dalam sebuah kota yang mulai diakui secara global.

"Apalah artinya sebuah kota bila bukan warganya, keramahan, keterbukaan, kesanggupan untuk berdiri setara dengan siapa saja yang datang menjadikan Jakarta sebagai masyarakat yang ramah dengan dunia global," ungkap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

"Dan itu adalah salah satu ciri yang kita bawa dari masyarakat Betawi. Masyarakat betawi di Jakarta telah berjasa, mereka telah menjadi simpul persatuan indonesia. Mereka menyambut siapa saja yang datang dari penjuru Indonesia ke kota kita disambut dengan kehangatan dan terasalah inilah Indonesia, inilah Jakarta. semua terwakili di kota ini," imbuh Anies.

Selain itu, Anies menyebut sejumlah pencapaian yang telah diraih oleh kota yang dipimpinnya. Termasuk, saat Jakarta mampu menyelenggarakan event besar seperti Formula E hingga mendapat penghargaan dunia.

"Kita dinobatkan sebagai kota nomor satu dan mendapat sustainable transport award yang diakui dunia sebagai kota yang paling cepat melakukan perubahan," tegasnya.

Anies kemudian mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah berperan penting dalam membuat Jakarta menjadi kota berstandar global. Ada banyak yang bekerja, namun, ada juga yang memang tak tersorot.

"Izinkan saya mengucapkan terima kasih pada semua yang telah memajukan kota kita, membahagiakan warganya, semua yang bekerja dalam sunyi, dalam senyap yang tak terlihat. Saya mengundang semua tepuk tangan untuk mereka yang memajukan kota kita," pungkas Anies.