WHO Siapkan Skema Kompensasi Dampak Vaksin COVID-19 bagi Orang Miskin
Ilustrasi foto (Stephanie Braconn/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - World Health Organization (WHO) tengah menyiapkan dana kompensasi untuk warga-warga di negara miskin yang mungkin menderita efek samping vaksin COVD-19.

Hal itu dilakukan untuk menghindari berulangnya penundaan vaksinasi yang dialami satu dekade lalu selama pandemi flu babi H1N1. Ketika itu penyuntikan diperlambat di puluhan negara berpenghasilan rendah karena tidak ada kewajiban yang jelas.

WHO menyiapkan skema, di mana promotor fasilitas vaksin COVAX --yang dipimpin bersama oleh WHO dan aliansi vaksin global GAVI-- akan mendistribusikan setidaknya 2 miliar suntikan vaksin di seluruh dunia pada akhir tahun depan.

Skema ini dapat membayar tagihan untuk 92 negara berpenghasilan rendah, sebagian besar di Afrika dan Asia Tenggara, yang berarti pemerintah mereka akan dikenai sedikit atau tanpa biaya dari klaim yang diajukan oleh pasien jika terjadi kesalahan yang tidak terduga setelah vaksin yang didistribusikan COVAX disuntikkan.

Namun lusinan negara berpenghasilan menengah, seperti Afrika Selatan, Lebanon, Gabon, Iran, dan sebagian besar negara Amerika Latin, tidak akan ditawari perlindungan ini.

"Fasilitas COVAX sedang mengembangkan sistem untuk memberikan kompensasi kepada orang-orang di salah satu dari 92 negara yang menderita kejadian buruk yang serius yang tak teduga terkait dengan vaksin tersebut," kata COVAX.

Namun, Tidak jelas kriteria apa yang digunakan untuk memilih 92 negara itu.