Sekjen NasDem Sebut Jadwal Bertemu AHY-Surya Paloh Besok Bahas Capres Tapi Belum Berencana Koalisi
Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate (Via ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate mengatakan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dijadwalkan bertemu dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Kamis, 23 Juni, besok. 

"Sekitar Jam 11.00 WIB nanti akan ada pertemuan. Dan ini pertemuan yang semakin intens, pertemuan lagi dengan Pak SBY dan Mas AHY," ujar Johnny di NasDem Tower, Rabu, 22 Juni.

Kedatangan AHY ke kantor NasDem untuk menindaklanjuti komunikasi sebelumnya. Pembicaraan akan dikhususkan terkait calon presiden Pilpres 2024. Di mana, NasDem sudah punya tiga nama untuk diusung ditawarkan ke calon mitra koalisi. 

"Dalam rangka membuka komunikasi dengan lebih spesifik dan terbuka. NasDem menghasilkan bakal calon presiden saat rakernas lalu, dan pertemuan untuk sampai terbentuknya koalisi politik," kata Johnny. 

Meski begitu, Johnny yang juga Menkominfo itu menegaskan, NasDem dan Demokrat belum akan membentuk koalisi untuk Pilpres 2019 pada pertemuan besok. Pertemuan tersebut, kata dia, hanya dalam rangka perkembangan update kondisi politik terkini.

"Koalisi belum terbentuk. Sedangkan pendaftaran capres dan cawapres baru dimulai pada 19 Oktober-25 November 2023 dan masih lama. Jadi ini perjalanan politik maraton dan bukan perjalanan politik sprint. Bukan perjalanan politik jarak dekat, karena Nasdem masih fokus untuk mensukseskan Indonesia maju kami di dalam koalisi pemerintah saat ini. Tugas kami saat ini bersama Pak Jokowi sampai selesai masa pemerintahan Pak Jokowi," jelas Johnny. 

"Sehingga dalam mengatur persiapan pemilihan calon presiden, legislatif, dan pemilihan kepala daerah, tetap menjaga soliditas dan efektivitas sirkulasi kabinet. Sehingga segala persiapan dilakukan dalam jauh-jauh hari," pungkasnya. 

Kabar Demokrat bakal berkunjung ke Partai NasDem sebelumnya sudah diamini oleh Ketua Umum Surya Paloh di depan Presiden PKS Ahmad Syaikhu. 

"Saya dengar ada kabar, ada konfirmasi barangkali kawan-kawan dari partai Demokrat ya mungkin esok hari akan berkunjung kemari. Saya dengar saja nanti kita konfirmasi lagi apa betul, apa enggak itu," kata Surya. 

Sebelumnya, Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengungkapkan ada satu partai berwarna biru bakal bertandang ke Kantor DPP NasDem di Gondangdia, Jakarta Pusat, besok. Namun, Willy enggan mengiyakan bahwa partai itu adalah Partai Demokrat. 

Willy menyebutkan, Partai NasDem terdiri dari perpaduan dua warna kuning emas dan biru. Hari ini, partai kuning emas yakni PKS sudah datang ke markasnya sehingga tinggal menunggu partai berwarna biru.

"Insyaallah besok ada lagi. Kita tunggu saja. NasDem itu perpaduan biru dan kuning emas. Ya hari ini yang kuning emas datang, besok kita liat lagi. Partai terbuka," kata Willy di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Juni.