Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengungkap respons Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat diberitahu masuk dalam tiga nama bakal calon presiden (capres) yang akan diusung Partai NasDem pada Pemilu 2024.  

Menurut Willy, masuknya nama ketiganya dalam bursa bakal capres NasDem disyukuri. Namun, dia tak merinci siapa dari ketiganya yang merespons demikian. 

"Ada yang alhamdulillah, ada yang terima kasih, ada yang senyum dengan luar biasa," ujar Willy di kantor DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Juni. 

Meski begitu, Willy mengatakan, ketiganya sama-sama menyambut baik hasil rekomendasi Rakernas NasDem tersebut.

"Apa yang NasDem berikan cukup diterima dengan lapang dada oleh para kandidat. Itu kami juga bersyukur dan ingin bersambut. Semoga hal-hal ini terus menerus seperti ini," katanya.

Willy menyebut ketiganya punya peluang yang sama untuk diusung Partai NasDem bersama koalisi yang terbentuk nantinya. Saat ini, kata dia, NasDem tengah menjalin komunikasi politik lebih lanjut dengan Anies, Ganjar, maupun Andika.

"Tiga-tiganya memiliki opportunity yang sama. Tiga-tiganya dikomunikasikan secara intensif tanpa diskriminatif oleh Partai NasDem, kami seperti apa yang ditugaskan Pak Surya Paloh membangun komunikasi terhadap tiga kandidat ini, tidak satu per satu," pungkasnya. 

Sebelumnya, Anies Baswedan menyampaikan terima kasih kepada NasDem. Bagi tokoh politik nonpartai ini, hal tersebut merupakan suatu kehormatan yang patut diapresiasi.

"Ini adalah sebuah kehormatan, jadi saya ingin sampaikan apresiasi, terima kasih dan respect kepada DPW NasDem yang mengusulkan dan juga DPP Partai NasDem kami sampaikan rasa hormat apresiasi dan respect pada Ketua Umum Pak Surya Paloh dan seluruh jajaran," ujar Anies usai penutupan Piala Gubernur DKI di Pancoran, Jakarta, Sabtu, 18 Juni. 

Sementara, Ganjar lebih menjaga sikapnya saat ditanya mengenai namanya masuk dalam bursa capres yang bakal diusung NasDem.

Saat diminta tanggapan, Ganjar menegaskan komitmennya sebagai kader PDIP. Meskipun nantinya ada partai lain yang akan mengusungnya, dia tak akan bergeming.

"Saya terima kasih mendapatkan kehormatan itu tapi saya PDI Perjuangan. Apa lamaran-lamaran? emangnya mau nikah. Partainya PDI Perjuangan, markasnya PDI Perjuangan," tegas Ganjar saat ditemui di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis, 16 Juni.

Sedangkan, Andika Perkasa belum berkomentar terkait pencapresan ini. Kemungkinan Andika adalah sosok yang disebut Willy, sebagai tokoh yang tersenyum luar biasa.