Presiden Kurban Sapi Berbobot 1,4 Ton di Bengkulu
ILUSTRASI/Hewan sapi di Kota Bengkulu. ANTARA/Anggi Mayasari

Bagikan:

BENGKULU - Presiden Joko Widodo telah menyiapkan hewan kurban jenis sapi untuk merayakan Idul adha 2022 dengan berat 1,4 ton yang akan disembelih atau dipotong di Kabupaten Kaur, Bengkulu.

Plh Asisten I dan Karo Pemkesra Setda Provinsi Bengkulu, Syarifudin  mengatakan penyembelihan sapi kurban milik Joko Widodo tersebut akan dilaksanakan di salah satu masjid di Kabupaten Kaur.

Menurut Syarifudin, dikutip Antara, Selasa, 21 Juni, sapi itu dipastikan bebas dari penyakit Mulut dan Kuku (PMK) setelah dilakukan pemeriksaan dan verifikasi kesehatan oleh Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu.

Sedangkan untuk sapi kurban milik Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, hingga saat ini belum dipastikan berat dan jumlahnya.

Namun dipastikan satu ekor sapi akan disembelih di Rutan Kelas II B Bengkulu dan di Masjid Raya Baitul Izzah.

Diketahui, kasus PMK di Provinsi Bengkulu telah masuk di empat wilayah di Bengkulu dan hingga saat ini telah ratusan hewan jenis sapi terinfeksi. 

Keempat wilayah tersebut yaitu Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Bengkulu dan terakhir Kabupaten Seluma.

Untuk di Kabupaten Seluma tepatnya di Kecamatan Air Periukan berdasarkan sampel yang dikirimkan ke laboratorium Balai Veteriner Provinsi Lampung dinyatakan terinfeksi PMK 

Sedangkan untuk di Kabupaten Bengkulu Selatan ada satu ekor sapi yang mengeluarkan gejala klinis terinfeksi PMK.

Untuk sampel tersebut telah dikirim untuk diperiksa, saat ini pihaknya masih menunggu hasil konfirmasi dari laboratorium untuk memastikan.