Sepenggal Kisah dari Seorang Penjaga Sapi Kurban Milik Jokowi dan Ma’ruf Amin, Sampai Tak Bisa Berkata-kata
Untung, yang mengaku beruntung bisa menjadi penjaga sapi milik Jokowi dan Ma'ruf Amin/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Perayaan Hari Raya Iduladha 10 Dzulhijjah 1444 H ternyata membawa berkah dan kebanggan tersendiri bagi seorang penjaga sapi bernama Untung (50). Kebahagiaannya itu menjadi sepenggal kisah dari pria asal Purwokerto ini. Untung merasa bangga dan tak menyangka dirinya dipercaya menjadi penjaga sapi kurban milik Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.

Untung merasa beruntung, ia tak menyangka ketika dirinya terpilih menjadi seorang penjaga sapi milik Presiden dan Wakil Presiden yang berada di Masjid Istiqlal. Pada momen lebaran haji kali ini, dirinya merasa bahagia hingga tak dapat melontarkan banyak kata.

Untung tak pernah bermimpi menjaga hewan kurban milik orang nomor satu dan dua di Indonesia itu selama hidupnya.

"Dari dulu tidak pernah terbayangkan, saking senengnya tidak bisa diungkapkan kata-kata," tutur Untung kepada wartawan saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis, 29 Juni.

Untung pun mengucapkan banyak terimakasih karena telah diberi kepercayaan untuk merawat sapi jenis limosin milik Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin.

"Sangat membuat saya bahagia banget," tambahnya.

Di sisi lain, Untung menjelaskan kedua sapi tersebut berbobot lebih dari satu ton, tapi untungnya tidak ada perawatan khusus saat mengawal sapi tersebut.

"Punya Bapak Presiden, jenis sapi Simmental 1,2 ton. Yang sapinya pak Wapres Limosin Cros berat 1 ton 1 kwintal 54 kilogram," ujar Untung.

"Kalau di sini, pagi saya bersihin langsung kasih comboran kasih makan, bersihin kotorannya lalu saya mandikan. Dan habis itu saya kasih rumput. Di kandangnya sama," katanya.

Mengingat kembali, Wakil presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyerahkan sapi kurban jenis limousin seberat 1,1 ton ke Masjid Istiqlal. Ma'ruf mengatakan, terdapat dua sapi yang diserahkan, satu sapi lainnya merupakan milik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dengan ini saya menyerahkan kurban dari bapak Presiden RI Pak Joko Widodo dan juga kurban dari saya sebagai wakil presiden untuk masyarakat yang membutuhkan," katanya di Masjid Istiqlal.