Satu Calon Jemaah Haji di Lampung Sedih karena Tak Jadi Berangkat ke Tanah Suci
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

BANDAR LAMPUNG - Satu calon haji asal Provinsi Lampung tertunda berangkat ke Tanah Suci tahun ini karena sedang hamil menurut pejabat Kantor Wilayah Kementerian Agama setempat.

Pelaksanaan Tugas Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung Ahor Wiwit saat dihubungi dari Bandarlampung, Senin 20 Juni, mengatakan bahwa calon haji yang tertunda berangkat ke Tanah Suci berasal dari Kabupaten Lampung Timur.

Menurut dia, calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang 13 itu semula dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada 11 Juni 2022, tetapi pemberangkatannya ditunda karena dinilai tidak layak terbang.

"Perempuan yang sedang hamil muda dan tua tidak boleh melakukan penerbangan sehingga dinilai tidak memenuhi syarat keberangkatan (ke Tanah Suci)," katanya dikutip Antara.

Ia mengatakan bahwa calon haji tersebut akan diprioritaskan dalam pemberangkatan calon haji tahun depan. "Yang batal berangkat karena alasan kesehatan tahun ini akan jadi prioritas di tahun depan," katanya.

Pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2022, Provinsi Lampung memberangkatkan 3.251 calon haji dan petugas ke Tanah Suci.

Ahor mengatakan bahwa saat ini masih ada dua kelompok terbang jamaah asal Provinsi Lampung yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Jakarta.