BMKG Balikpapan Deteksi 11 Titik Panas di Kaltim
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

BALIKPAPAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi di Kota Balikpapan, mendeteksi adanya 11 titik panas yang tersebar pada tiga kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Sebanyak 11 hotspot tersebut terpantau pada hari ini mulai pukul 01.00 wita hingga pukul 17.00 WITA,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Ilham Rosihan Fachturoni di Balikpapan dilansir Antara, Sabtu, 11 Juni.

Sebaran titik panas tersebut langsung diinformasikan ke pihak terkait di masing-masing kabupaten, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik Kaltim maupun kabupaten, guna memperoleh penanganan lebih lanjut.

Ada pun 11 titik panas yang tersebar pada tiga kabupaten tersebut adalah 7 berada di Kabupaten Kutai Timur, 2 berada di Kutai Kartanegara dan 2 di Kabupaten Berau.

Rinciannya adalah titik panas yang terdeteksi di Kutai Kartanegara tersebar pada dua kecamatan, yakni satu di Kecamatan Kembang Muara Badak dan satu lagi di Kecamatan Loa Kulu yang keduanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Kemudian, lanjut dia, titik panas yang terdeteksi di Berau terpantau di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kelay dan Kecamatan Gunung Tabur, keduanya pun memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Sementara tujuh titik panas yang terdeteksi di Kabupaten Kutai Timur tersebar pada enam kecamatan, yakni satu di Kecamatan Bengalon, satu di Kecamatan Busang, satu di Kecamatan Kaubun.

"Kemudian satu hotspot di Kecamatan Sangatta Utara, satu di Kecamatan Muara Wahau, dan dua di Kecamatan Telen. Semua hotspot di Kabupaten Kutai Timur ini juga memiliki tingkat kepercayaan menengah," kata Ilham.