Jumlah Pasien Komorbid COVID-19 Meninggal di Bangka Belitung 1.601 Orang
Nakes menangani pasien COVID-19 di Tanah Air. (Antara)

Bagikan:

BABEL - Jumlah pasien komorbid COVID-19 atau orang terpapar disertai penyakit bawaan meninggal dunia di Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sebanyak 1.601 orang. Data itu dihimpun Satgas Penanganan COVID-19 setempat dari kurun waktu 2020 hingga April 2022.

"Dalam tiga pekan terakhir ini tidak ada pasien COVID-19 meninggal, sehingga kumulatif kematian orang akibat virus corona menjadi 1.601 orang," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Babel, Selasa 7 Juni.

Ia mengatakan, berdasarkan data jumlah kumulatif orang terpapar COVID-19 hingga 7 Juni 2022, total masyarakat positif COVID-19 sebanyak 65.604 jiwa.

Sedangkan pasien sembuh dari COVID-19 berdasarkan laporan Antara sebanyak 64.003 jiwa tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

Sementara itu, kasus probable atau orang yang diyakini sebagai suspek COVID-19 tercatat 35 orang dan meninggal probable sebanyak 40 kasus tersebar di kabupaten/kota.

"Alhamdulillah dalam tiga pekan terakhir ini, kita nihil penambahan kasus, pasien sembuh dan meninggal akibat COVID-19 ini," ujarnya.

Ia menyatakan dengan tidak adanya penambahan kasus ini, maka pasien COVID-19 aktif di Bangka Belitung nol.

"Kita terus berupaya mempertahankan kondisi ini dengan tetap menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan dan mengoptimalkan kegiatan vaksinasi COVID-19 massal," katanya.

Menurut dia proses pemakaman pasien COVID-19 ini berjalan lancar dan sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

"Alhamdulillah proses pemakaman jenazah berjalan dengan lancar dan tidak ada penolakan dari pihak keluarga dalam pelaksanaan penguburan jenazah sesuai prokes yang ditetapkan," pungkasnya.