Airlangga Hartarto: Pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu Cegah Polarisasi
Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pembentukan Koalisi Indonesia Bersatu demi mencegah perpecahan bangsa. (VOI/Rizky Adytia Pramana)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) punya tujuan mempersatukan bangsa. Sebab, dunia politik di Indonesia mengalami perpecahan sejak Pemilihan Presiden RI (Pilpres) 2019.

Pernyataan itu disampaikan Airlangga dalam acara penandatanganan MoU antara Golkar, PAN, dan PPP.

"Kita sudahi politik identitas yang menimbulkan polarisasi yang tajam, yang dapat mengoyak tenun kebangsaan kita," ujar Airlangga di acara silahturahmi nasional KIB di Jakarta, Sabtu, 4 Juni

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menyatakan, KIB bakal membentuk atmosfer politik yang lebih baik. Sehingga, nuansa persatuan dan kebersamaan akan tercipta pada 2024.

"Ini waktu kurang dari 18 bulan. Kondisi ini merefleksikan implementasi dari Pancasila untuk tidak memecah belah masyarakat demi kepentingan politik sesaat," ungkapnya.

Karena itu, Airlangga Hartarto memastikan pembentukan KIB yang memang terkesan cepat ini merupakan langkah awal. Ke depannya semua hal akan terus dimatangkan.

"Kami tegaskan, membangun politik persatuan harus dimulai dari sekarang, berpahaman dan chemistry harus dibangun jauh-jauh hari, agar kita dapat melangkah ke depan dengan satu irama, satu frekuensi yang sama, serta sejalan dalam membangun kemajuan bangsa dan masyarakat Indonesia," kata Airlangga Hartarto.