Massa Bubarkan Diri, Kapolda Metro Jaya Pastikan Kondisi Kondusif
Kabareskrim, Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya di kawasan Patung Kuda (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Para pendemo dari BEM SI juga buruh termasuk massa remaja sudah membubarkan diri dari kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana memastikan kondisi terkendali.

“Alhamdulillah pelaksanaan aksi unjuk rasa yang tadi dimulai pada pukul 2 siang sampai dengan hampir jam 6 dari beberapa elemen mahasiswa, buruh dan ada sedikit pelajar, Alhamdulillah berjalan dengan tertib,” kata Irjen Nana kepada wartawan, Selasa, 20 Oktober.

Hal ini disampaikan Kapolda Metro Jaya saat memantau kondisi terkini bersama Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman di sekitar kawasan Patung Kuda. 

Menurut Irjen Nana, sempat terjadi kericuhan dari massa yang kebanyakan remaja sesaat mahasiswa dari BEM SI membubarkan diri. Namun dengan upaya persuasif termasuk dilakukan personel Marinir, massa akhirnya membubarkan diri. 

“Walaupun ada sedikit tadi, sedikit lempar-lemparan tetapi setelah kita sampaikan dengan komunikatif dan persuasif berjalan dengan lancar dan tertib,” katanya. 

Foto: Irfan Meidianto/VOI

 

Kapolda berharap situasi kondusif tetap terjaga bila ada rencana aksi lanjutan. Koordinasi pengamanan dari Polri dan TNI juga diperkuat. 

“Kita tingkatkan setiap aksi berjalan dengan tertib kemudian kondusif,” katanya.

Dalam demonstrasi, BEM SI menyuarakan tuntutan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan Perppu guna membatalkan Omnibus Law UU Cipta Kerja. Aspirasi yang sama disuarakan para buruh yang bergerak dari kawasan Tugu Tani.