Lima Sapi Ternak di Kabupaten Tangerang Terdeteksi Suspek PMK
Foto: Antara

Bagikan:

TANGERANG – Sebanyak lima hewan sapi ternak terdeteksi suspek penyakit mulut dan kuku (PMK). Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kustri Windayani.

“Ada lima hewan yang baru masuk ke Kabupaten Tangerang, lima hewan itu dikirim dari Wonogiri,” kata Kustri saat dikonfirmasi, Senin, 30 Mei.

“(Tapi) saat ini sudah kami tangani dengan memeriksa dan mengambil sample untuk dilakukan pengujian laboratorium," sambungnya.

Kustri menuturkan ke-5 hewan itu telah mendapatkan penanganan lebih lanjut oeh dokter hewan dinas pertanian dengan cara memberikan obat serta vitamin. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut.

“Untuk sample kita periksa di Laboratorium Balai Besar Veteriner Subang milik Kementerian Pertanian. Lalu untuk hewannya sendiri sudah dilakukan pengobatan,” katanya.

Kusti menjelaskan, untuk mencegah terjadinya penularan PMK, pihak terpaksa menutup sementara peternakan hewan yang terjangkit.

“Jadi sekarang ini tidak boleh keluar sembarangan dulu bagi hewan-hewan ternak ini, kita batasi. Kita juga akan melakukan pemantauan secara rutin,” tutupnya.