Pantau Pencarian KM Ladang Pertiwi, Gubernur Sulsel Ajak Warga Doakan 42 Penumpang yang Tenggelam
Ilustrasi penumpang kapal tenggelam. (Pixabay)

Bagikan:

SULSEL - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman mengajak warganya untuk mendoakan penumpang KM Ladang Pertiwi, yang mengalami kecelakaan di wilayah perairan Kepulauan Pangkep pada Kamis 26 Mei.

Andi menyampaikannya usai memantau upaya pencarian korban kecelakaan KM Ladang Pertiwi di wilayah perairan Kepulauan Pangkep, Minggu, 29 Mei pagi.

"Mari kita sama-sama berdoa, semoga seluruh penumpang yang masih dalam pencarian segera ditemukan, selamat," kata Andi melansir Antara.

Dia mengatakan petugas masih terus melakukan pencarian dengan menyisir beberapa pulau di dekat lokasi kejadian. Sejumlah kapal nelayan juga ikut membantu mendeteksi penumpang KM Ladang Pertiwi.

"Kami juga sudah gerakkan kapal-kapal menengah ke atas dan kecil. Mereka juga bergerak untuk membantu kita bergotong royong bersama TNI AU, TNI AL, Polri, Basarnas, BPBD, serta dibantu kapal nelayan. Insya Allah, mudah-mudahan sinergi bersama ini ada hasil lebih memuaskan," tuturnya.

Andi menyebutkan cuaca di wilayah perairan Kepulauan Pangkep yang saat ini cerah memudahkan upaya pencarian.

Menurut Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar, KM Ladang Pertiwi yang membawa 42 orang tenggelam di Selat Makassar pada Kamis 26 Mei, sekitar pukul 03.30 WITA.

Sebanyak 17 orang dari penumpang kapal itu sudah ditemukan dalam keadaan selamat dan sisanya masih dalam pencarian.

Dalam proses pencarian ini, Andi memantau menggunakan helikopter bersama Panglima Komando Operasi Udara II Marsda TNI Minggit Tribowo, Kepala Staf Komando Operasi Udara II Marsma TNI Djhon Amarul, Komandan Batalyon Infantri Raider 700/WYC Mayor Inf Sarman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar Djunaidi, dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan Muhammad Firda.