Pasien Positif COVID-19 di Kaltim Tersisa 12 Orang
ILUSTRASI PIXABAY

Bagikan:

SAMARINDA - Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kalimantan Timur tersisa 12 orang.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan pasien positif tersebut tersebar di Balikpapan 3 orang, Kutai Timur 3 orang, Berau 2 orang, Samarinda 1 orang, Kutai Kartanegara 1 orang, Paser 1 orang dan Penajam Paser Utara 1 orang.

"Tiga wilayah yakni Mahakam Ulu, Kutai Barat dan Bontang dalam status zero kasus," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda dikutip Antara, Sabtu, 28 Mei.

Menurut Andi, sebelumnya memang ada lima wilayah yang berstatus zona hijau COVID-19, namun dua wilayah yakni Paser dan Penajam Paser Utara kembali ditemukan kasus positif baru, sehingga kedua wilayah tersebut melepaskan lagi status zero kasus yang pernah disandang.

"Untuk wilayah yang telah bebas dari virus corona memang terjadi penurunan, dari sebelumnya lima wilayah menjadi tiga wilayah, namun melihat data penderita COVID-19 hampir semua daerah berhasil menekan laju pertumbuhan kasus, saat ini di setiap wilayah hanya tinggal kurang dari lima orang penderita virus corona," beber Andi.

Andi menjelaskan temuan kasus positif baru masih terus terjadi dalam setiap hari, meskipun dalam jumlah yang kecil.

Karena itu, Andi terus mengingatkan kepada masyarakat untuk terus waspada terhadap potensi penularan virus.

"Intinya tetap jaga kesehatan, dan kami anjurkan ketika kondisi kurang sehat untuk istirahat di rumah dan hindari kegiatan di luar rumah," pesan Andi.

Andi berharap ancaman pandemi COVID-19 ini segera berakhir, seiring dengan kebijakan pemerintah yang sudah mulai mengendurkan aturan untuk berbagai kegiatan masyarakat.