Tangerang Sediakan Layanan Tes RT-PCR Gratis untuk Jemaah Haji
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Sumihar Sihaloho/Foto: Antara

Bagikan:

TANGERANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang di Provinsi Banten menyediakan layanan tes RT-PCR gratis bagi jamaah haji yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

Pemerintah daerah menyediakan layanan tes RT-PCR gratis dari 10 hari hingga 14 hari sebelum keberangkatan ke Tanah Suci guna membantu anggota jamaah haji memenuhi salah satu persyaratan kesehatan untuk menunaikan ibadah haji, yakni bebas dari COVID-19 menurut hasil pemeriksaan RT-PCR.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Sumihar Sihaloho di Tangerang, Jumat 27 Mei, mengatakan bahwa pelayanan pemeriksaan RT-PCR bagi jamaah haji akan disediakan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Tangerang.

"Untuk alat nanti kita akan difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Provinsi dalam pelayanan ini, dan untuk lokasi kita hanya satu, yaitu di Labkesda Kabupaten Tangerang," katanya dikutip Antara.

Menurut data Kantor Kementerian Agama, Pemerintah Kabupaten Tangerang pada tahun 2022 mendapat kuota memberangkatkan 890 orang untuk menunaikan ibadah haji.

Selain menyediakan layanan tes RT-PCR gratis, Sumihar mengatakan, pemerintah menyediakan pelayanan vaksinasi COVID-19 gratis bagi jamaah haji.

"Karena vaksinasi COVID-19 ini menjadi syarat juga untuk pemberangkatan haji, maka kita akan adakan layanan vaksin secara gratis," katanya.