125 Warga di Wasior Papua Barat Terima BLT Rp900 Ribu, Kepala Distrik: Jangan Duduk di Pantai, Putar Musik Beli Miras
Warga Kampung Maniwak, Distrik Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat menerima penyaluran BLT Dana Desa (Via ANTARA)

Bagikan:

PAPUA BARAT - Sebanyak 125 kepala keluarga terdampak COVID-19 di Kampung Maniwak, Distrik Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa triwulan pertama 2022 sebesar Rp900 ribu.

Kepala Distrik Wasior Anthonius Alex Marani mengatakan, penyaluran BLT Dana Desa di Kampung Maniawak telah dilakukan pada Rabu kemarin di balai kampung setempat.

Setiap kepala keluarga menerima BLT DD sebesar Rp300 ribu per bulan, namun dibayarkan sekaligus untuk tiga bulan jatah Januari-Maret 2022.

“Kami harapkan dana (BLT Dana Desa, red.) yang diterima digunakan dengan baik. Jangan nanti duduk-duduk di pantai baru putar musik, lalu dipakai untuk membeli minuman keras. Harap digunakan dengan baik untuk membantu kebutuhan sehari-hari," kata Anthonius di Wasior, Antara, Kamis, 26 Mei.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Teluk Wondama, Hendrik Rico Tetelepta menjelaskan, sesuai Perpres Nomor 104 Tahun 2021, diatur bahwa 40 persen dari Dana Desa yang bersumber dari APBN dialokasikan untuk program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai.

Selanjutnya 20 persen untuk ketahanan pangan dan delapan persen untuk penanganan COVID-19.

"Jadi BLT Dana Desa itu wajib disalurkan, syaratnya yang berhak menerima yaitu mereka yang tidak menerima bantuan lain misalnya dari Kementerian Sosial atau yang biasa dibagikan di Kantor Pos itu. Kalau yang sudah dapat itu tidak bisa dapat BLT Dana Desa karena tidak boleh dobel," kata dia.

Dia mengingatkan tentang tidak boleh ada pemotongan BLT dalam penyalurannya. Selain itu, kepala kampung tidak menunda-nunda penyaluran BLT dan secepatnya mempersiapkan laporan pertanggungjawaban.

Dana Desa dari sumber APBN maupun Alokasi Dana Desa dari sumber APBD, harus disampaikan secara transparan kepada masyarakat, untuk apa saja dana itu dimanfaatkan.

Kepala Kampung Maniwak Metusalem Paduai dalam laporannya memerinci BLT DD triwulan I 2022 yang disalurkan untuk 125 KK totalnya mencapai Rp112,5 juta.

Dana tersebut bersumber dari Dana DD tahap pertama yaitu sebesar Rp330.134.000 dari total DD tahun anggaran 2022 Kampung Maniwak yang mencapai lebih dari Rp1 miliar.

Selain untuk BLT, DD tahap pertama 2022 juga dipergunakan untuk operasional pemerintah kampung, honorarium kader posyandu dan pengadaan mebeler posyandu pada tiga RT di Kampung Maniwak.