Jokowi Serahkan Bantuan Saat Kunjungi Pasar Bogor, Pemkot Ucapkan Terima Kasih
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim (tengah) bersama Presiden Jokowi (kanan) pada Selasa 17 Mei. (Antara)

Bagikan:

BOGOR - Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim berterima kasih atas bantuan yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada para warga di dua pasar tradisional, yakni Pasar Gunung Batu dan Pasar Anyar.

Dedie Rachim mengatakan, bantuan di tengah pandemi COVID-19 yang berkepanjangan dan ekonomi yang belum sepenuhnya pulih sangat dibutuhkan warga.

"Jadi kami ucapkan terima kasih, warga Kota Bogor sangat berterima kasih ya," katanya saat memberikan keterangan di Kota Bogor, melansir Antara, Rabu 18 Mei.

Dedie menyebutkan bantuan diberikan kepada 100 orang yang berada di dalam tenda yang disediakan di area Pasar Gunung Batu sedang 200 bantuan lain diberikan secara terpisah pada Selasa 17 Mei.

Pembagian bantuan di Pasar Gunung Batu terdiri atas bantuan non tunai dari Kemensos dalam program Atensi (Asistensi Rehabilitasi Sosial) Program Keluarga Harapan (PKH) berupa sejumlah alat penunjang aktivitas ekonomi warga.

Selanjutnya bantuan tunai berupa bantuan langsung tunai (BLT) Minyak Goreng Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng dan bantuan presiden (Banpres) Modal Usaha Rp1,2 juta yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

Presiden menyerahkan secara simbolis bantuan berupa satu motor roda tiga, bantuan kewirausahaan untuk tujuh orang penerima manfaat (PM), santunan YAPI untuk tiga PM, tongkat ketiak untuk tiga PM, dan tongkat kaki tiga untuk satu orang PM. Sehingga di sini total bantuan sebesar Rp68.700.000 untuk 10 penerima manfaat.

BLT minyak goreng Rp300.000 diberikan kepada 90 keluarga penerima manfaat (KPM) dengan total bantuan Rp27.000.000 dan bantuan Presiden (Banpres) berupa modal usaha Rp1,2 juta diberikan kepada banyak 100 KPM yakni Rp120 juta.

Total 200 bantuan yang diberikan oleh Presiden Jokowi di Pasar Gunung Batu Kota Bogor.

Selanjutnya, meskipun batal dikunjungi presiden, di Pasar Anyar 100 orang pedang tetap mendapatkan Banpres Modal Usaha Rp1,2 juta.

"Tapi presiden secara pribadi juga memberikan bantuan-bantuan baik sembako maupun tunai," tandasnya.