Evaluasi Pengalaman Tempur di Ukraina, Rusia Tingkatkan Perangkat Peperangan Elektronik Bomber Sukhoi Su-34
Ilustrasi Sukhoi Su-34. (Wikimedia Commons/Alex Beltyukov)

Bagikan:

JAKARTA - Sistem peperangan elektronik (EW) Khibiny yang dipasang pada pembom utama Su-34 akan ditingkatkan, dengan mempertimbangkan kinerja operasi militer khusus Rusia di Ukraina, sebuah sumber di kalangan pertahanan.

"Suite peperangan elektronik onboard Khibiny akan ditingkatkan untuk membuat operasinya lebih otomatis. Peran pilot dalam versi yang ditingkatkan akan diminimalkan," kata sumber itu, melansir TASS 23 Mei.

TASS belum memiliki konfirmasi resmi tentang informasi ini.

Kementerian Pertahanan Rusia sebelumnya berulang kali mengunggah video pembom tempur Su-34 yang memalu posisi tentara Ukraina dalam operasi militer khusus Rusia di Ukraina. Pembom mengirimkan serangan terhadap posisi bunker jangka panjang Ukraina, gudang senjata dan amunisi.

Maret lalu, pembom Su-34 dari Angkatan Udara Rusia berhasil menghancurkan depot senjata dan peralatan militer Angkatan Bersenjata Ukraina.

"Awak pesawat Su-34 dari Pasukan Dirgantara Rusia telah melumpuhkan fasilitas militer dan peralatan militer tentara Ukraina. Area parkir militer, kendaraan lapis baja, depot senjata telah dihancurkan dengan penggunaan presisi tinggi senjata," kata Kementerian Pertahanan.

Diketahui, Khibiny adalah sistem peperangan elektronik udara. Sebuah jet tempur dengan suite Khibiny EW di papannya ternyata tidak terlihat oleh radar musuh.

Medan radio-elektronik pelindung yang diciptakannya di sekitar pesawat membuat rudal musuh kehilangan sasaran. Suite EW dapat membantu mengendalikan senjata pembom, menghasilkan gangguan umpan dan menembus pertahanan udara berlapis-lapis musuh. Hari ini suite Khibiny EW dipasang pada pembom garis depan Su-34.