Bupati Buleleng Sebut Seririt Fishing Festival Ajang Pengembangan Sekor Perikanan dan Pariwisata
Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. (Foto: ANTARA)

Bagikan:

BALI - Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana berharap ajang "Seririt Fishing Festival" guna mendukung pengembangan sektor perikanan dan pariwisata.

"Festival memancing ini adalah kegiatan kepariwisataan yang terkenal dan memiliki banyak peminat," kata Agus Suradnyana dikutip dari Antara, Minggu 22 Mei.

Ia pun meminta festival memancing di Kecamatan Seririt ini dikerjakan dengan lebih matang.

"Jangan hanya sekali, harus bisa berkelanjutan. Dicari musim-musim arus ikan yang baik. Undang peserta jauh hari sebelumnya. Dicarikan lokasi dan hari yang baik, jadi bisa dapat banyak ikan, sehingga mereka senang datang ke sini," kata Suradnyana.

Ketika diikuti oleh banyak peserta, menurutnya, festival bisa diadakan dengan beberapa kategori, mulai dari perahu tradisional hingga perahu yang lebih besar dari luar daerah, dengan jarak memancing yang lebih jauh. Dengan skala yang lebih besar, dampak positif yang ditimbulkan tentu lebih maksimal.

"Ini akan berimplikasi langsung terhadap bagaimana kita menggerakkan sektor ekonomi dan pariwisata. Tentunya, juga memberi kesempatan bagi saudara-saudara kita untuk memutar roda ekonominya," ucap Suradnyana.

Pihaknya mengajak seluruh pihak, mulai dari pemerintah desa dan kecamatan hingga masyarakat untuk terus mengawal kemajuan Kabupaten Buleleng.

Dengan masa jabatan yang akan segera berakhir, Agus Suradnyana ingin untuk terus berkontribusi terhadap kemakmuran masyarakat Kabupaten Buleleng.

"Saya akan segera mengakhiri masa jabatan saya. Dengan kerendahan hati, saya ingin terus bersama-sama Bapak/Ibu sekalian untuk mengawal dan memberi sumbangsih bagi Buleleng. Agar terus semakin maju, bersemangat, dan menimbulkan harapan," katanya.

Ketua DPC PDI-P Buleleng itu menambahkan kegiatan festival memancing ini sangat baik sebagai upaya bangkit dari pandemi.

Ia berharap, dengan menjadi tuan rumah kegiatan-kegiatan kepariwisataan, maka ke depan semakin banyak pemuda yang mau tinggal di Buleleng.

"Kalau ke depan kita bisa menjadi tuan rumah bagi kegiatan kepariwisataan, tentu bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat kita. Akan menjadi dorongan yang secara implikasi sangat luas. Adik-adik kita akan berdiam dan berkegiatan di desa, memberdayakan desa," ujarnya.

Suradnyana juga menyampaikan apresiasi terhadap panitia yang memprakarsai "Seririt Fishing Festival".

"Semoga festival ini mampu memberi dampak positif terhadap kepariwisataan di Buleleng. Juga, dampak ekonomi seluas-luasnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkas Suradnyana.