Kebutuhan Sapi Potong untuk Iduladha di Sumsel Capai 8 Ribu Ekor, Ketersediaan Pasokan Nyaris 100 Persen
Lustrasi sapi potong (Foto via Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan, Ruzuan Effendi, mengatakan kebutuhan sapi potong di wilayah mereka untuk Iduladha mencapai delapan ribu ekor. Pemprov pun sudah siap memenuhi kebutuhan tersebut.

Jumlah tersebut berdasarkan data permintaan Iduladha yang dihimpun Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan dari 17 kabupaten dan kota pada kurun waktu beberapa tahun terakhir.

"Kebutuhan hewan kurban khususnya sapi di Sumsel mencapai sekitar tujuh sampai delapan ribu ekor," kata Ruzuan, seperti dilansir Antara, Minggu, 22 Mei.

Menurutnya, ketersediaan pasokan di beberapa daerah sudah terpenuhi. Di antarnaya 1.500 ekor di Kabupaten Ogan Ilir, 2.000 hingga 3.000 ekor di Ogan Komering Ulu Timur, dan sebanyak 800 ekor di Ogan Komering Ulu.

"Ketersediaan di kabupaten/kota lainnya seperti Palembang saat ini sedang dalam proses pendataan tim di lapangan untuk memastikan pasokan benar-benar aman di Iduladha ini," tuturnya.

Selain melakukan pendataan, ia mengatakan tim yang dikerahkan Pemprov Sumsel tersebut juga melakukan upaya meminimalisasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) seperti memberikan vitamin, penyemprotan disinfektan pada kandang.

"Akan lebih baik mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah menerima vaksin dari pemerintah pusat untuk menjamin kekebalan hewan kurban dari paparan penyakit," ujarnya.