Cuaca Sulawesi Tenggara Sore Hingga Malam Ini, Waspada Potensi Hujan Angin di 9 Kabupaten
Seorang warga menggunakan payung menerobos lebatnya hujan di kawasan Kotabaru, Yogyakarta. (ANTARA/Noveradika)

Bagikan:

KENDARI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari memperingatkan hujan angin disertai kilat dan petir yang dapat terjadi di sembilan kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Potensi hujan lebat itu terjadi pada sore hingga malam hari. Adapun daerahnya meliputi Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Muna, Buton Utara, dan Buton Tengah.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra pada hari ini di sembilan kabupaten tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," kata Prakirawan BMKG Sultra Fezal Habibie melalui keterangan tertulis, Jumat 20 Mei.

Fezal menjelaskan di Kabupaten Kolaka potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Wundulako, Kolaka, Pomalaa, Baula, Latambaga yang dapat meluas ke Wolo, Tanggetada, Samaturu, Iwoimendaa.

Berdasarkan laporan Antara, di Kabupaten Kolaka Timur potensi hujan lebat terjadi di Kecamatan Ueesi yang dapat meluas ke Loea, Ladongi, Poli Polia, Lalolae, Mowewe, Uluiwoi, dan Tinondo.

Sedangkan di Kabupaten Kolaka Utara potensi hujan lebat terjadi di Kecamatan Rante Angin, Wawo, Lambai, Pakue Utara yang dapat meluas ke Lasusua, Batu Putih, Kodeoha, Porehu, dan Katoi.

Di Kabupaten Konawe potensi hujan lebat dapat terjadi Kecamatan Unaaha, Wawotobi, Abuki, Latoma, Anggaberi, Asinua, Konawe, Padangguni, Anggotoa yang dapat meluas ke Lambuya, Tongauna, Uepai, Routa, Meluhu, Wonggeduku Barat, dan Tongauna Utara.

Di Kabupaten Konawe Utara potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Asera yang dapat meluas ke Wiwirano, Molawe, Lasolo, Oheo, Andowia dan Landawe. Di Kabupaten Konawe Kepulauan potensi hujan terjadi Kecamatan Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur yang dapat meluas ke Wawonii Utara, dan Wawonii Tenggara.

Di Kabupaten Muna potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Bone, Marobo yang dapat meluas ke Wakorumba Selatan, Kabawo, Parigi, Pasir Putih, Pasi Kolaga, dan Batukara.

Di Kabupaten Buton Utara potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Bonegunu yang dapat meluas ke Kambowa. Di Kabupaten Buton Tengah potensi hujan terjadi di Kecamatan Mawasangka yang dapat meluas ke wilayah Kecamatan Mawasangka Tengah.

Selain di sembilan daerah tersebut, potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Sulawesi Tenggara juga dapat meluas ke Kabupaten Konawe Selatan, utamanya Kecamatan Laonti.

BMKG mengingatkan masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi hujan lebat yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Terkait