Hati-hati Ya! Prakiraan Cuaca BMKG Hujan Lebat Akan Melanda Sebagian Besar Provinsi, Begini Kondisi Jakarta
Ilustrasi sejumlah pegawai BMKG menunjukkan bagan prakiraan cuaca di Kantor BMKG, Jakarta, belum lama ini. (Dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca untuk hari ini. Hujan lebat disertai kilat dan angin kencang meliputi sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Minggu.
 
Menurut informasi prakiraan cuaca yang disiarkan di laman resmi BMKG, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi turun di wilayah Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Timur.
 
Hujan lebat disertai kilat dan angin kencang juga diprakirakan turun di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Gorontalo, Maluku, dan Papua Barat.
 
Daerah-daerah yang menghadapi potensi hujan lebat dan angin kencang perlu mewaspadai kemungkinan terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. 

 
Sementara itu seluruh wilayah administrasi DKI Jakarta pada hari Minggu akan diliputi cerah berawan. Melalui laman resminya, Minggu dini hari, BMKG menyebutkan empat wilayah, yaitu Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat akan cerah berawan dan berawan sejak pagi hingga malam hari.
 
Kisaran suhu di keempat wilayah itu berkisar antara 24 dan 33 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan 55 hingga 90 persen.
 
Sementara itu, Kota Administrasi Jakarta Timur dan Jakarta Selatan akan mengalami hujan ringan pada Minggu siang dan akan kembali berawan pada malam hari. Suhu di kedua wilayah itu sekitar 24—34 derajat Celsius dan tingkat kelembapan 55-85 persen.
 
Namun, BMKG mengeluarkan peringatan dini di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor serta Kota Depok yang diprediksi mengalami hujan lebat disertai angin dan petir pada Minggu sore hingga malam hari.
 
Demikianlah prakiraan cuaca untuk hari ini seperti dilansir Antara. BMKG mengimbau masyarakat agar waspada terhadap perubahan cuaca ekstrem jika berada di ketiga wilayah tersebut.