Hati-hati Ya! Prakiraan Cuaca BMKG Hujan di Sebagian Besar Provinsi, Juga Jakarta
Cuaca di sejumlah daerah dan kota Jakarta diprakirakan akan hujan oleh BMKG. (Foto Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini tentang cuaca hari ini. Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Minggu 19 September.
 
BMKG memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dapat terjadi di wilayah Provinsi Aceh, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, dan Maluku.
 
Wilayah Provinsi Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara juga diprakirakan menghadapi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.
 
Hujan. (Ilustrasi pixabay)
Hujan. (Ilustrasi pixabay)
 
Selain itu, BMKG menyampaikan peringatan dini mengenai potensi peningkatan kecepatan angin di bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat seperti Lombok Barat, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, dan Bima.
 
Sedangkan wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur menurut prakiraan cuaca BMKG berpotensi menghadapi angin kencang serta risiko kebakaran hutan dan lahan.
 

Jakarta Hujan

Semenetara itu BMKG memprakirakan di sejumlah wilayah DKI Jakarta diguyur hujan disertai petir dan angin kencang pada Minggu siang hingga malam hari. “Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat di Jakbar, Jakut, Jakpus, Jaktim, dan Jaksel pada sore dan malam hari,” tulis peringatan dini BMKG dalam laman resminya. 
 
Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG tersebut, seluruh wilayah Jakarta bercuaca cerah berawan secara merata pada pagi hari.
 
 Genangan air akan terjadi saat hujan terus melanda. (Ilustrasi Antara)
 Genangan air akan terjadi saat hujan terus melanda. (Ilustrasi Antara)
 
Pada siang hari, cuaca di tiga wilayah, yakni, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur diprediksi hujan dengan intensitas sedang dan ringan. Sementara wilayah Jakarta Selatan diprakirakan akan terjadi hujan yang disertai petir.
 
Sedangkan wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diprakirakan akan mengalami cuaca berawan.
 
Berlanjut ke malam hari, hujan dengan intesitas ringan diprediksi terjadi di seluruh wilayah DKI Jakarta.
 
Sementara, pada Senin (20/9) dini hari, seluruh wilayah DKI Jakarta diprakirakan akan turun hujan dengan intesitas ringan, namun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diprediksi berawan.

 
Rentang suhu udara pada Minggu ini diprediksi berkisar antara 24-32 derajat Celcius. Jakarta Barat 24-32 derajat Celcius, Jakarta Pusat 25-32 derajat, Jakarta Selatan 24-32 derajat, Jakarta Timur 24-32 derajat, Jakarta Utara 25-32 derajat, dan Kepulauan Seribu 26-32 derajat.
 
Sementara kelembapan udara Jakarta berkisar antara 65 sampai 95 persen dengan Jakarta Barat 70-95 persen, Jakarta Pusat 75-95 persen dan Jakarta Selatan 65-95 persen. Sedangkan Jakarta Timur 65-95 persen, Jakarta Utara 75-95 persen, persen, dan Kepulauan Seribu 85-90 persen.
 
Inilah prakiraan cuaca dari BMKG yang bisa menjadi panduan untuk Anda.