Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta melakukan pengaturan pola operasi khusus bagi keberangkatan jarak jauh dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, pada Jumat, 16 Oktober. 

Hal ini menyusul akan digelarnya aksi unjuk rasa menolak Undang-Undang Cipta Kerja oleh ribuan mahasiswa dari berbagai tempat di Istana Negara.

Pengaturan ini, menurut Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa akan berlaku bagi delapan perjalanan kereta api jarak jauh yang secara khusus akan berhenti di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur untuk mengangkut penumpang.

"Diharapkan masyarakat dapat terhindar dari resiko kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir dan memiliki pilihan untuk dapat berangkat dari Stasiun Jatinegara," kata Eva dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Jumat, 16 Oktober.

Meski ada pemberangkatan khusus dari Stasiun Jatinegara, dia mengatakan pemberangkatan dari Stasiun Gambir tak akan terganggu. 

"Seluruh waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambir tidak mengalami perubahan," ungkapnya.

Selanjutnya, Eva meminta agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperkirakan waktu keberangkatan kereta yang akan dinaiki sehingga tak tertinggal.

Selain itu, para calon penumpang KA juga dapat mengetahui informasi perjalanan KA melalui Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan [email protected] dan Sosial Media @keretaapikita @kai121_

Adapun 8 KA keberangkatan Stasiun Gambir yang berhenti di Stasiun Jatinegara:

1. KA 7030A Argo Parahyangan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 07.50 WIB

2. KA 10 Argo Dwipangga keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.00 WIB 

3. KA 4 Argo Bromo Anggrek keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 08.15 WIB

4. KA 44 Argo Parahyangan Excellent keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 15.40 WIB

5. KA 72 Bima keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 16.40 WIB

6. KA 76 Gajayana keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 18.00 WIB

7. KA 6 Argo Bromo Anggrek keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 20.30 WIB

8. KA 8 Argo Lawu keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 21.00 WIB