Komplotan Begal Motor di Jakarta Barat Dibekuk Aparat, Sudah 15 Kali Beraksi Pakai Modus Lama
Lima tersangka begal motor dengan modus tuduh korban ribut dengan saudaranya, ditangkap Polres Jakarta Barat/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA – Lima orang pelaku penipuan sepeda motor di Jakarta Barat berhasil diringkus Polres Jakarta Barat. Seorang diantaranya adalah adalah wanita. Mereka menargetkan korbannya adalah anak-anak yang membawa sepeda motor.

Dua pelaku berinisial ER dan DS berperan sebagai eksekutor. Sedangkan tiga pelaku lainnya berinisial STE, PF dan MR berperan sebagai penadah.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pasma Royce menjelaskan, para pelaku memiliki modus lama, yakni menuduh korban ribut dengan saudaranya.

"Pelaku beraksi dengan mencari sasaran anak di bawah umur yang sedang mengendarai sepeda motor," ujar Kombes Pasma kepada wartawan, Kamis, 19 Mei.

Pasma menjelaskan, Ketika para pelaku melihat ada calon korban, yakni anak-anak kecil dengan motor, mereka langsung memepet dan menghentikannya.

Saat berhenti, lanjut Pasma, pelaku ini menuduh korban telah bertengkar dengan adik pelaku.

"Setelah korban berhasil diperdayai, kedua pelaku langsung merampas motor dan membawa kabur," terangnya.

Pasma mengatakan, komplotan ini sudah melakukan belasan kali di beberapa lokasi di Jakarta.

"Pelaku sudah beraksi sebanyak 15 kali dalam setahun terakhir, dan beraksi di sekitar wilayah Jakarta," ujarnya.

Sebanyak 14 sepeda motor dengan berbagai merek berhasil diamankan, selain itu kami juga menyita 14 pasang plat nomor palsu, 56 STNK palsu, sepeda motor berbagai merek, perhiasan emas dan uang tunai.

Pasma menghimbau kepada masyarakat agar lebih bijaksana dalam memberikan kendaraan kepada anaknya yang masih dibawah umur

"Selain belum memenuhi persyaratan dalam mengendarai sepeda motor tentu juga dapat menimbulkan kerawanan aksi kejahatan," ujarnya.