Pemimpin Pasukan Ukraina Disebut Masih Berada di Azovstal, Rusia Ungkap Identitas Dua Komandan Batalion Azov yang Diburu
Ilustrasi anggota Batalion Azov. (Wikimedia Commons/Carl Ridderstråle)

Bagikan:

JAKARTA - Pemimpin utama pasukan Ukraina pabrik baja Azovstal disebut masih berada di dalam kawasan tersebut dan belum menyerah, sementara dua komandan batalion Azov yang diburu Rusia diungkap identitasnya.

Rusia telah menempatkan dua komandan batalion nasionalis Azov Ukraina dalam daftar orang yang dicari, Kementerian Dalam Negeri Rusia mengumumkan pada hari Kamis.

Orang yang dicari adalah dua penduduk Wilayah Kharkov: Sergey Velichko lahir pada tahun 1994 dan Konstantin Nemichev lahir pada tahun 1996, menurut database kementerian, melansir TASS 19 Mei.

Komite Investigasi Rusia sebelumnya melaporkan, komandan batalion nasionalis Azov Ukraina Velichko dan Nemichev terlibat dalam upaya pembunuhan setidaknya delapan prajurit Rusia di wilayah Wilayah Kharkov. Velichko dan Nemichev ditekan dengan tuduhan in absentia.

evakuasi mariupol
Evakuasi tentara Ukraina dari Azovsta,l Mariupol. (Twitter/@StateOfUkraine)

Sementara itu, pemimpin pasukan Ukraina belum menyerah dari labirin bunker dan terowongan di bawah pabrik baja Azovstal di Mariupol, kata pemimpin wilayah separatis Donetsk yang didukung Rusia

Ketika pengepungan paling dahsyat dalam invasi Rusia bergerak menuju akhir, hampir 1.000 pejuang Ukraina yang membarikade diri ke dalam terowongan sejauh ini menyerahkan diri kepada pasukan Rusia dan pro-Rusia sejak Senin.

Tidak jelas apakah pemimpin pasukan tersebut akan meninggalkan pabrik, atau bahkan mungkin bertempur dalam pertempuran mematikan terakhir dengan pasukan Rusia, yang mereka anggap sebagai penjajah tanah air mereka.

"Tidak ada komandan tingkat tinggi (di antara mereka yang menyerah)m mereka tidak pergi," kata Denis Pushilin, kepala Republik Rakyat Donetsk yang memisahkan diri dan secara resmi diakui oleh Presiden Vladimir Putin hanya tiga hari sebelum invasi ke Ukraina, seperti mengutip Reuters.

Pushilin sendiri bersama dengan pasukan Rusia mengendalikan Mariupol, seperti dikutip oleh Kantor Berita Donetsk, yang dikenal sebagai DAN.

Tidak jelas apa yang akan terjadi pada para pejuang yang disebut oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebagai pejuang perlawanan yang heroik, tetapi yang dikatakan anggota parlemen Rusia adalah "penjahat Nazi" yang harus menghadapi hukuman paling berat, bahkan kematian.

denis pushilin
Denis Pushilin. (Sumber: Kremlin.ru)

Pushilin mengatakan, nasib para pejuang Ukraina yang menyerah akan diputuskan oleh pengadilan.

"Adapun penjahat perang serta mereka yang nasionalis, nasib mereka, jika mereka meletakkan senjata, harus diputuskan oleh pengadilan. Jika musuh telah meletakkan senjata, maka nasibnya akan diputuskan oleh pengadilan. Jika itu adalah penjahat Nazi, maka itu adalah pengadilan," paparnya.

Diketahui, Moskow mengatakan Resimen Azov, yang dimulai sebagai organisasi paramiliter nasionalis ekstrem kanan, adalah sekelompok pejuang nasionalis anti-Rusia yang radikal dan menyebut mereka sebagai simpatisan Nazi modern.

Resimen, yang dibentuk pada tahun 2014 sebagai milisi untuk memerangi separatis yang didukung Rusia, menyangkal sebagai fasis, rasis atau neo-Nazi, dan Ukraina mengatakan telah direformasi dari asal-usul nasionalis radikalnya untuk diintegrasikan ke dalam Garda Nasional.

Presiden Vladimir Putin mengatakan apa yang dia sebut operasi militer khusus diperlukan di Ukraina untuk mencegah penganiayaan terhadap penutur bahasa Rusia dan untuk mencegah Amerika Serikat menggunakan Ukraina untuk mengancam Rusia.

Untuk diketahui, Kremlin mengatakan para pejuang akan diperlakukan sesuai dengan norma-norma internasional. Ukraina telah mengatakan akan ada pertukaran tawanan perang.