Warga Jayapura Antusias Sambut Kebijakan Lepas Masker di Tempat Umum
Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano/Foto: Antara

Bagikan:

JAYAPURA - Warga Kota Jayapura, Papua, antusias menyambut kebijakan lepas masker di tempat umum setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan tersebut.

"Kami menyambut gembira kebijakan tersebut karena itu berarti sudah kembali ke kehidupan normal walaupun di ruang tertutup masyarakat diharapkan masih menggunakan masker, " harap Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano dikutip Antara, Kamis 19 Mei di Jayapura.

Diharapkan, penggunaan masker masih tetap digunakan karena tidak saja menghindari virus corona tetapi virus lainnya termasuk aroma yang menusuk penciuman.

Protokol kesehatan masih harus diterapkan terutama bagi saat melaksanakan kegiatan di dalam ruangan.

"Mudah-mudahan dengan tidak adanya warga yang terpapar COVID-19 maka kasusnya tidak lagi menjadi pandemi melainkan endemi seperti halnya virus lainnya yang sudah terlebih dahulu ada, " ungkap BTM.

Diakui, saat ini warga yang divaksin COVID-19 terus bertambah termasuk yang melakukan vaksin penguat atau booster.

Hingga Rabu (14/5) tercatat 147.551 orang yang sudah divaksin II dan booster sebanyak 31.635 orang, jelas BTM.

Sementara itu Marthen yang mengaku tinggal di Kloofkamp secara terpisah mengaku walaupun pemerintah sudah mengizinkan tidak menggunakan masker di area tertentu, seperti tempat umum namun karena sudah menjadi kebiasaan maka diri nya beserta keluarga akan berupaya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Penggunaan masker sudah menjadi kebiasaan dan manfaatnya terasa sehingga saya sudah meminta untuk keluarga tetap menggunakannya, aku Marthen yang berprofesi sebagai salah karyawan salah satu toko di Jayapura.