Jokowi Bolehkan Lepas Masker di Luar Ruangan, Wagub DKI: Kita Bersyukur
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo yang membolehkan masyarakat melepas masker di luar ruangan. Riza menyebut, hal itu berarti kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia semakin baik.

"Apa yang diputuskan oleh Pak Jokowi, kami ikut senang, bersyukur, dan mendukung. Itu menandai bahwa di Jakarta, di Indonesia, kita sudah mulai semakin membaik terkait masalah COVID-19," kata Riza di Balai Kota DKI, Selasa, 17 malam.

Riza menuturkan Pemprov DKI akan menindaklanjuti keputusan pelonggaran pembatasan kegiatan tersebut. Sebab, menurutnya, kebijakan bebas masker di luar ruangan telah melalui pertimbangan yang matang.

"Kami bisa dengan cepat menyesuaikan mengikuti kebijakan tersebut. Tentu, kebijakan itu melalui proses yang panjang. Kalau kita bandingkan di beberapa negara lainnya, sudah banyak negara-negara yang dibuka berbulan-bulan yang lalu negara dibuka," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa saat ini masyarakat sudah tidak lagi wajib mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Meski demikian, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, pemerintah tetap mewajibkan masyarakat untuk menggunakan masker.

Kemudian, kelompok masyarakat yang masuk kategori rentan lansia, atau memiliki penyakit komorbid, Jokowi tetap menyarankan mereka untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas.

Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas.