Antisipasi Lonjakan Penyakit Hepatitis Akut, Kota Tangerang Siapkan Ruang Isolasi di RSUD
ILUSTRASI

Bagikan:

TANGERANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menyiapkan beberapa fasilitas dalam mengantisipasi penyakit misterius seperti hepatitis akut di wilayahnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Faridz mengatakan telah menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang sebagai rumah sakit rujukan kasus hepatitis akut.

"Seperti ruang isolasi semua sudah tersedia sebagai standar RS, kemudian ruangan ICU di sebagian RS juga sudah tersedia," kata Faridz saat dikonfirmasi, Selasa, 17 Mei.

Faridz mengungkapkan dalam proses penanganan untuk kasus penularan hepatis akut yakni sama dengan COVID-19. Oleh sebab itu, ia meminta kepada pihak puskesmas hingga rumah sakit saling koordinasi seperti melayani skrining berdasarkan kontak erat.

"Apabila terdapat gejala-gejala yang mencurigakan terpaparnya hepatitis maka dilanjutkan pemeriksaan ke laboratorium di RSUD," ucapnya.

"Artinya semua fasilitas kesehatan dari tingkat puskesmas sampai RS sudah siap," imbuhnya.

Sebelumnya disampaikan, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengajak masyarakat untuk mencegah penularan hepatitis akut yang makin meluas melalui penerapan pola hidup yang sehat.