Pemkab Garut Bersihkan Sampah di Situ Bagendit Usai Libur Panjang
Sejumlah petugas membersihkan sampah di kawasan wisata Situ Bagendit, Kabupaten Garut, Jawa Barat (ANTARA)

Bagikan:

GARUT - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, membersihkan sampah di kawasan tempat wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi agar kembali asri setelah beberapa hari ramai dikunjungi wisatawan pada musim libur panjang akhir pekan dan Waisak.

"Kita sama-sama menjaga dan merawat destinasi kita dari sampah, dan kita rawat kebersihannya, karena tempat wisata ini adalah milik kita bersama," jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Budi Gan Gan saat menggelar kegiatan bakti sosial kebersihan bersama anggota DPRD Garut di objek wisata Situ Bagendit, Garut, Antara, Selasa, 17 Mei.

Ia menuturkan kegiatan membersihkan sampah di tempat wisata Situ Bagendit itu dilakukan bersama dengan unsur pimpinan dan anggota DPRD Garut yang inisiatif untuk ikut serta menjaga kebersihan dan keasrian alam di tempat wisata.

Budi menyambut baik dan mengapresiasi yang luar biasa kepada DPRD Kabupaten Garut karena telah ikut peduli bersama Pemerintah Kabupaten Garut dalam melakukan kegiatan kebersihan di objek wisata Situ Bagendit.

"Para wakil rakyat ini sangat peduli, dan sangat atensi terkait dengan kebersihan yang ada di destinasi, tidak hanya di Situ Bagendit, tapi juga di destinasi lain yang ada di Kabupaten Garut," kata Budi.

Ia menyampaikan kegiatan itu tidak hanya dari unsur DPRD Garut melainkan dari instansi lain yakni Dinas Sosial, Taruna Siaga Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut, kecamatan dan desa, serta organisasi kemasyarakatan.

Ia berharap kegiatan tersebut menjadi awal dan harus terus dikembangkan karena permasalahan sampah merupakan tanggung jawab bersama, begitu juga mengimbau pengunjung agar menjaga dan merawat kebersihan lingkungan saat berwisata.

"Kita jaga Garut menjadi daerah tujuan wisata yang asri alamnya," katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Garut Euis Ida Wartiah menambahkan pihaknya bersama pemerintah daerah beserta pelaku usaha menggelar kegiatan tersebut untuk menjaga lingkungan dalam rangka memelihara aset Kabupaten Garut agar tetap terjaga dengan baik.

Ia berharap ke depannya seluruh masyarakat terutama pengunjung wisata yang ada di Kabupaten Garut dapat menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Harapannya nanti kepada masyarakat, para pelaku usaha, juga yang hadir ke sini, pariwisata, mohon untuk tidak membuang sampah sembarangan," katanya.