50 Hektare Danau Situ Bagendit Garut Tertutup Eceng Gondok, Pemkab Bakal Bersih-bersih Selama 150 Hari
Petugas membersihkan tanaman eceng gondok di kawasan Situ Bagendit, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (26/5/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

Bagikan:

JABAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut membersihkan eceng gondok yang menutupi permukaan air Danau Situ Bagendit untuk mendambah daya tarik objek wisata tersebut.

"Sekarang sudah mulai bersih seluas 1,5 hektare, ada 50 hektare yang tertutupi dari 100 hektare lebih, setengahnya itu tertutup oleh eceng gondok dan teratai," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat meninjau kegiatan membersihkan eceng gondok di Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Garut, Jumat 26 Mei, disitat Antara.

Helmi menyampaikan, upaya membersihkan Danau Situ Bagendit seluas 50 hektare itu membutuhkan waktu yang cukup lama dengan perkiraan selama 150 hari.

Ia menuturkan, sejumlah dinas terkait dilibatkan untuk membersihkan kawasan Danau Situ Bagendit sehingga mengganggu pemandangan dan menurunkan nilai jual sektor pariwisata.

Namun, Helmi berharap ada peran lain dari berbagai kalangan masyarakat secara individu maupun kelompok, juga unsur lainnya untuk bersama-sama membersihkan dan merawat keindahan danau tersebut sehingga proses membersihkannya bisa lebih cepat.

"Kalau misalkan ini 50 hektare membutuhkan waktu 150 hari, kita mengimbau masyarakat pribadi, kelompok bisa dari pecinta lingkungan, dari TNI/Polri sudah turun, Tagana, PMI, Pramuka sudah pada turun, dari nelayan, masyarakat setempat di sini sudah pada turun, turun semua itu bisa kurang dari 150 hari," tuturnya.

Dia menambahkan, Pemkab Garut juga berencana membentuk Satuan Tugas (Satgas) khusus untuk membersihkan kawasan Situ Bagendit dari tanaman liar eceng gondok, sehingga keberadaannya bisa terkendali dan dapat cepat dibersihkan.

"Kami bikin satgas yang melibatkan semua masyarakat untuk bersih-bersih, makanya kita undang semua, ayo kita bareng-bareng," pungkasnya.