Suhu Panas Melanda NTT, Wagub Minta Warga Tidak Hidupkan Api di Hutan dan Lahan
Wakil Gubernur NTT Josef A Nae Soi. (Antara)

Bagikan:

NTT - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef A Nae Soi meminta warga provinsi berbasis kepulauan itu mewaspadai suhu panas musim kemarau yang sedang melanda daerah itu.

Dia mengimbau agar warga dengan tidak menghidupkan api di hutan dan lahan untuk mencegah bencana kebakaran.

"Kondisi suhu udara di NTT saat ini sangat panas sehingga perlu diantisipasi terjadinya berbagai peristiwa bencana alam seperti kebakaran hutan dan lahan serta krisis air bersih," kata Josef A Nae Soi di Kupang, dikutip dari Antara, Minggu 15 Mei.

Menurut dia, kasus kebakaran hutan dan lahan yang melanda NTT dalam beberapa tahun terakhir mencapai 10 kasus kebakaran dan 42 bencana kekeringan.

Kebakaran hutan dan lahan itu terjadi pada beberapa wilayah seperti di Kabupaten Ngada, Flores Timur, Sumba dan Pulau Timor.

"Daerah ini juga rawan terhadap kasus kebakaran hutan pada kawasan hutan lindung sehingga harus diwaspadai setiap pemerintah kabupaten/kota di NTT," katanya.

Menurut dia, selain kebakaran hutan, kekeringan juga melanda daerah setiap musim kemarau dengan 42 kejadian bencana kekeringan.

"Bencana kekeringan ini juga berdampak pada terjadinya krisis air bersih, gagal panen dan gagal tanam karena kekurangan air untuk usaha pertanian," kata Josef A Nae Soi.

Dia mengatakan warga NTT harus menjaga kelestarian lingkungan alam agar sumber air tetap tersedia sehingga selama musim kemarau persediaan air bersih tetap mencukupi.