Massa Aksi May Day Fiesta Pindah ke Stadion GBK, Jalan Depan Gedung DPR Kembali Dibuka
Jalan di depan gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, kembali dibuka setelah aksi massa May Day Fiesta menyampaikan aspirasi mereka. (Foto: VOI/Ulfa Gusti Utami)

Bagikan:

JAKARTA - Ribuan massa aksi May Day Fiesta kembali bergerak menuju Stadion Gelora Bung Karno (GBK) usai menyampaikan aspirasi di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta pada Sabtu, 14 Mei siang WIB. Jalan di depan gedung wakil rakyat pun kembali dibuka.

Sebelumnya, pihak ditlantas Polda Metro Jaya mengatur skema lalu lintas dengan menutup ruas jalan menuju Slipi dan Palmerah. Ini untuk mengantisipasi kemacetan saat aksi massa.

Setelah hampir satu jam berlalu seusai aksi massa, ruas jalan kembali dibuka secara normal. 

“Bagi massa aksi yang kembali ke GBK untuk segera mengosongkan ruan jalan. Karena jalan akan kembali dibuka secara normal, agar (massa) tidak terjebak diantara kendaraan segera kosongkan,” ujar petugas kepolisian dengan pengeras suara dari dalam mobil Raisa (pengurai massa) Sabtu, 14 Mei siang.

Mendengar imbauan tersebut, massa mulai perlahan mengosongkan lokasi. Pantauan VOI di lokasi, nampak lalu lintas berjalan normal menuju arah Slipi dan Palmerah.

Sementara itu, sejumlah sudut jalan nampak terlihat sampah bekas kemasan berserakan.

Aksi May Day Fiesta ini sendiri merupakan aksi lanjutan dari agenda sebelumnya, yakni tanggal 1 Mei. lalu. Dalam aksi Mayday Fiesta ini, ada sekitar 50 ribu buruh yang turun ke jalan.

Kegiatan yang berpusat di GBK ini berisikan pembacaan 18 tuntutan buruh mulai dari penolakan Omnibus law UU Cipta Kerja, penghapusan outsourcing hingga tuntutan agar tidak adanya orang kelaparan di negeri yang kaya.