Perayaan <i>May Day</i> Besok, Polisi Minta Masyarakat Jauhi Kawasan GBK Senayan Karena Akan Ada Kepadatan Arus Lalin
Demo Buruh/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengimbau, pengguna kendaraan agar menghindari kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, pada Sabtu, 14 Mei, besok.

Pasalnya, akan dilakukan aksi massa para buruh dengan sebutan May Day Fiesta.

"Akan ada puluhan ribu buruh, sehingga kami imbau kepada seluruh warga Jakarta sebaiknya pada Sabtu 14 Mei sejak pagi hingga sore hindari kawasan Senayan," kata Kombes Sambodo, Jumat 13 Mei.

Aksi massa di GBK itu diperkirakan akan mulai pada Sabtu siang. Sementara, sambungnya, untuk Sabtu pagi ada beberapa elemen massa yang akan berunjuk rasa di depan DPR MPR.

Setelah itu mereka akan melaksanakan long march ke GBK bergabung dengan kelompok massa buruh yang akan merayakan hari buruh dengan sebutan may day fiesta.

"Hindari juga depan MPR DPR, artinya kawasan Gatsu, Senayan, Gerbang Pemuda, Asia Afrika, Jalan Jend Sudirman sebaiknya dihindari," ujarnya.

Ditlantas Polda Metro Jaya memperkirakan akan kedatangan bus-bus dari peserta perayaan may day sekitar 800 hingga 1000 bus.

Untuk itu, Ditlantas Polda Metro Jaya juga akan mengatur bus yang datang ke GBK pada may day besok agar peserta aksi setelah selesai dapat dengan mudah menemukan bus mereka di GBK nanti.

Kombes Sambodo menyebutkan, pada kegiatan mau day fiesta besok akan ada kepadatan lalin di beberapa pintu masuk ke GBK.

"Pintu sebelah 10 depan TVRI dan pintu 7 depan Hotel Sultan. Jika pintu 10 dan 7 ada kepadatan, kami masukan di pintu 5 dekat FX nanti bisa ke GBK. (besok, GBK) Tidak ditutup untuk umum tapi sebaiknya masyarakat umum hindari kawasan tersebut," ujarnya.