Kirim F-16, TNI AU Perintahkan Pesawat Kecil yang Masuk ke Langit Indonesia Mendarat di Batam
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Radar Komando Sektor Ibu Kota Negara (Kosek IKN) mendeteksi adanya pesawat asing yang masuk ke langit Indonesia. Dalam sekejap pesawat F-16 yang siaga di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru langsung diterbangkan.

Pesawat sipil asing dengan nomor registrasi G-DVOR tipe DA62 itu punya rute terbang dari Kuching ke Senai Malaysia,

Awalnya F-16 ditugaskan untuk melaksanakan intersepsi. Namun intersepsi tidak jadi dilakukan, dengan pertimbangan kru pesawat mentaati instruksi dan petunjuk agar pesawat kembali ke Kuching.

Dari komunikasi radar, pilot diperintahkan untuk kembali ke Kuching karena sudah melanggar teritorial wilayah udara Indonesia. Namun dari pilot menyatakan tidak mungkin kembali ke Kuching karena jarak sudah lebih 200 NM dikhawatirkan bahan bakar tidak mencukupi.

Mereka malah meminta mendarat di Batam.

"Pesawatnya kami amankan di apron Bandara Hang Nadim," kata Kepala Dinas Operasi Lanud Hang Nadim Mayor Lek Wardoyo di Batam, Sabtu 14 Mei dikutip dari Antara.

Pada saat mendarat di Lanud Hang Nadim Batam, Mobil VCP Lanud Hang Nadim dan mobil AMC Bandara langsung memandu pesawat menuju apron. Setelah engine pesawat dimatikan, KKP bandara melaksanakan pengecekan kesehatan pilot dan kru, termasuk protokol COVID-19.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan dokumen-dokumen penerbangan oleh staf Intel dan satpomau dan pemeriksaan pasport oleh Imigrasi Bandara. Sementara Bea dan cukai serta Karantina hewan dan tumbuhan Bandara melakukan pemeriksaan seluruh barang-barang yang dibawa.

Selanjutnya pilot dan kru dibawa ke ruang isolasi di Airnav Batam untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pesawat kalibrasi itu membawa tiga orang awak, yang kesemuanya warga negara Inggris. Saat ini, ketiganya turut diamankan di "save house", masih di kawasan Bandara Hang Nadim.

"Dari Hasil komunikasi didapat keterangan dari kru pesawat bahwa mereka merasa tidak melanggar hukum karena mereka merasa terbang dari Malaysia ke Malaysia dan sudah meminta izin ke Singapura sebagai pengelola FIR, namun secara riil kru tidak dapat menunjukkan "Flight Clearance" yang sudah ditelusuri hingga Mabes TNI ternyata dokumen tersebut tidak dimiliki," kata Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan.