Polisi Masih Berjaga di Manokwari Sampai Kedatangan Paulus Waterpau
Polisi masih siaga di Manokwari hingga kedatangan Paulus Waterpauw/Foto: Antara

Bagikan:

MANOKWARI - Jajaran Polres Manokwari masih terus melakukan siaga pengamanan di ibu kota Provinsi Papua Barat itu hingga kedatangan Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw.

Kapolres Manokwari AKBP Parasian H Gultom di Manokwari, Jumat 13 Mei, mengatakan siaga pengamanan yang dilakukan oleh jajarannya untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

"Kegiatan pengamanan tetap dilakukan sampai kedatangan Penjabat Gubernur Papua Barat di Manokwari, meskipun dengan pola yang lebih ringan," kata AKBP Gultom.

Sejauh ini, katanya, situasi kamtibmas di Manokwari kondusif dan aman.

Situasi kamtibmas di Manokwari sempat meningkat sejak Rabu 11 Mei malam hingga Kamis 12 Mei pagi.

Sekelompok masyarakat melakukan blokade sejumlah ruas jalan utama di Kota Manokwari dengan material batu dan pasir, bahkan diikuti dengan membakar ban di jalan setelah mengetahui Mendagri Tito Karnavian melantik Paulus Waterpauw sebagai Pj Gubernur Papua Barat.

Namun aksi tersebut tidak berlangsung lama. Aparat gabungan TNI-Polri dengan cepat membuka blokade sehingga tidak sampai mengganggu aktivitas masyarakat Manokwari.

"Pola pengamanan yang kami lakukan kemarin itu dengan menerjunkan pasukan dan kendaraan taktis ke sejumlah titik rawan di Manokwari. Namun pada sore harinya personel dari semua titik kami kurangi karena situasinya semakin kondusif," jelas AKBP Gultom dikutip Antara.

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw dijadwalkan akan segera tiba di Manokwari pada Sabtu 14 Mei atau Minggu 15 Mei.

Pada Selasa (17/5), Paulus Waterpauw dijadwalkan akan memimpin apel gabungan seluruh ASN Pemprov Papua Barat dan jajaran TNI-Polri di wilayah itu bertempat di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Papua Barat yang berlokasi di Arfai.