Luhut Bawa Kabar Baik, Keterisian RS COVID-19 Saat Ini Hanya 2 Persen
ILUSTRASI PIXABAY

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membeberkan kondisi pandemi COVID-19 yang saat ini mulai membaik. Luhut mengungkapkan tingkat rawat inap pasien COVID-19 secara nasional terus turun hingga 97 persen.

"Tingkat hunian tempat tidur rumah sakit (rujukan COVID-19) juga sangat rendah hanya 2 persen dari keseluruhan bed yang tersedia," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin, 9 Mei.

Selain itu, kasus kematian COVID-19 juga turun hingga 98 persen dari puncak kasus varian Omicron. Lalu, persentase kasus positif atau positivity rate berada di bawah 0,7 persen.

Kemudian, secara nasional, kasus harian COVID-19 selama 25 hari berturut-turut berada di bawah 1000 dan hari berturut-turut kasus harian di bawah 500.

"Berdasarkan data-data di atas kami meyakini bahwa kondisi varian Omicron di Indonesia di tengah momen libur Idulfitri hingga saat ini masih terkendali," kata Luhut.

Seluruh Provinsi di Jawa dan Bali hingga hari ini mengalami penurunan kasus mencapai 99 persen dibandingkan puncak kasus Omicron beberapa waktu yang lalu.

Kemudian, angka reproduksi efektif (Rt) kasus COVID-19 di luar Jawa-Bali juga menurun. Hanya saja, angka Rt di Pulau Sumatera masih di angka 1. Sementara, angka Rt di Pulau Papua sebesar 0,99, Maluku 0,97, Kalimantan 0,99, Nusa Tenggara 0,99, dan Sulawesi 0,98.

"Seiring dengan semakin terkendalinya kasus COVID-19, langkah-langkah relaksasi PPKM akan terus dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut," imbuhnya.