Anak Buah Anies Pastikan Siswa Sekolah Masuk Lagi 12 Mei
Photo by kyo azuma on Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta memastikan tak ada perubahan jadwal masuk sekolah. Kepala Sub Bagian Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah mengatakan sekolah di Jakarta akan memulai kembali kegiatan belajar mengajar pada Kamis, 12 Mei mendatang.

"Hal itu didasari dari kalender pendidikan yang sudah ditetapkan diawal tahun pelajaran jadi tidak ada perubahan libur se-DKI tetap seperti yang dibicarakan di awal di kalender pendidikan yaitu 29 April - 11 Mei 2022," kata Taga kepada wartawan yang dikutip Jumat, 6 Mei.

Taga menjelaskan, dalam kalender pendidikan itu, Dinas Pendidikan menerbitkan surat terkait kegiatan akhir semester genap tahun pelajaran 2021/2022 pada 20 Januari 2022. Disebutkan, jadwal masuk sekolah setelah lebaran adalah 12 Mei.

"Tidak ada kemunduran, kemajuan. Memang sudah ditetapkan tanggal segitu. Dari awal 29 April-11 Mei," tegasnya.

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu mengatakan kebijakan ini berlaku untuk seluruh sekolah.

"Enggak ada kemunduran. Sesuai dengan rencana kalender pendidikan," ujar Taga.

Sementara itu, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) juga telah mengeluarkan kebijakan untuk menambah libur sekolah di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten selama tiga hari hingga 12 Mei.

Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud Ristek Anang Ristato mengatakan kebijakan ini diambil setelah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk membantu mengurai kemacetan akibat arus balik Lebaran 2022.

"Kemendikbud Ristek menanggapi dengan positif hasil koordinasi dengan Kemenhub terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, utamanya di kawasan Jabodetabek," kata Anang dalam keterangan tertulisnya yang dikutip pada Jumat, 6 Mei.

Terhadap kebijakan ini, sambung Anang, Kemendikbud Ristek telah berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Diharapkan mereka memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari.

"Hingga 12 Mei 2022," tegasnya.