Pukul 11.00-24.00 WIB, Polri Berlakukan One Way dari GT Palimanan Utama Km 188 Sampai Jakarta-Cikampek Km 47
Pantauan jalur udara beberapa titik arus balik pemudik (Foto: Tangkapan layar/Rizky AP/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Mabes Polri berencana melakukan rekayasa lalu lintas one way dari GT Palimanan Utama Km 188 sampai Tol Jakarta-Cikampek Km 47 pada Kamis, 5 Mei. 
 
Oneway dilakukan setelah hasil koordinasi koordinasi dengan PT Jasa Marga bahwa ruas Tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B dengan volume capacity ratio (VCR) sebesar 1,19.
 
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, berdasarkan pemantauan melalui CCTV baik yang berada di NTMC dan Command Center PJR serta peta digital terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari timur menuju ke arah barat. 
 
"Berdasarkan pantauan anggota dilapangan baik dari Polda Jateng, Polda Jabar, Polda Metro Jaya dan Korlantas arus lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya," jelas dalam pesan elektronik yang diterima di Jakarta, Kamis, 5 Mei.
 
Firman juga memantau beberapa titik tol yang dilalui pemudik saat arus balik. Demi keamanan dan keselamatan serta kelancaran arus balik, pihak kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas. Rinciannya, one way akan diberlakukan hari ini sekitar 11.00-24.00 WIB dimulai dari GT Palimanan utama KM 188 sampai dengan Km 72 Cikampek. 
 
"Dilanjutkan contra flow sampai dengan Tol Jakarta Cikampek Km 47," tambah Firman.
 
Selanjutnya, kendaraan yang akan mengarah ke Bandung dan Cikampek diberikan relaksasi 1 lajur. Apabila kepadatan arus lalin mulai berkurang maka pelaksanaan rekayasa one way akan diakhiri lebih cepat dari jadwal yang sudah ada. 
 
"Namun apabila kepadatan semakin meningkat melebihi batas maksimal maka rekayasa lalin one way akan ditingkatkan dari GT Palimanan Utama Km 188-Tol Jakarta Cikampek Km 47 (tanpa relaksasi) dan diperpanjang waktunya," jelasnya.
 

 
Mekanisme sebelum pelaksanaan rekayasa lalin one way akan dilaksanakan sterilisasi atau pembersihan baik pada jalur maupun rest area selama 2 jam sebelum pelaksanaan rekayasa lalin one way (Pukul 09.00) setelah itu rekayasa lalin one way akan dimulai pkl 11.00 WIB.  
 
"Mekanisme setelah pelaksanaan one way Pukul 24.00 wib akan dilakukan normalisasi baik pada jalur maupun pada rest area selama 2 jam setelah pelaksanaan one way (02.00) setelah itu jalur akan dibuka secara normal," demikian.