Sempat Mundur, <i>One Way</i> di Ruas Tol Palimanan Utama Km 188 Sudah Berlangsung Sejak Pukul 14.00 WIB
Gerban tol Palimanan. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memberlakukan skema one way atau satu arah dari Gerbang Tol Palimanan Utama Km 188 sampai Km 72 ruas Tol Cikampek.

Skema tersebut direncanakan akan dilakukan pukul 11.00 WIB, namun diundur menjadi pukul 14.00 WIB.

"One way (di Km 188 Palimanan hingga Km 72 Cikampek) mundur jadi jam 14.00 (WIB)," ujar Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Kamis 5 Mei.

Hal tersebut merupakan informasi yang diperolehnya dari Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi.

Menurutnya, mundurnya pelaksanaan one way tersebut menyesuaikan jumlah kendaraan di lapangan. "Info terakhir perubahannya karena volume kendaraan masih di bawah 5.000/jam," ujarnya.

Selanjutnya, skema contraflow atau lawan arus dari Km 72 ke Km 47 Tol Cikampek juga masih belum diberlakukan. "Belum diberlakukan," kata dia.

Sebelumnya, Mabes Polri berencana melakukan rekayasa lalu lintas one way dari GT Palimanan Utama Km 188 sampai Tol Jakarta-Cikampek Km 47 pada Kamis, 5 Mei.

One way dilakukan setelah hasil koordinasi koordinasi dengan PT Jasa Marga bahwa ruas Tol Cipali tidak bisa menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B dengan volume capacity ratio (VCR) sebesar 1,19.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, berdasarkan pemantauan melalui CCTV baik yang berada di NTMC dan Command Center PJR serta peta digital terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari timur menuju ke arah barat.