Skema One Way Bakal Diterapkan di GT Palimanan hingga Tol Cikampek Sore Nanti
Foto udara kendaraan melintas di Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Tegal, Jawa Tengah, Selasa (25/4/2023). Saat itu, Polda Jawa Tengah menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah. (Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal menerapkan skema arus lalu lintas one way atau satu arah di ruas Tol Palimanan hingga Tol Jakarta Cikampek. Penerapan dimulai pukul 14.30 WIB.

"Sistem one way dari Km 188 Gerbang Tol Palimanan hingga Km 72 Tol Jakarta Cikampek," ujar Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi saat dikonfirmasi, Sabtu, 29 April.

Dengan penerapan skema itu, jajaran Korlantas akan melakukan pembersihan arus kendaraan yang mengarah dari Jakarta. Proses pembersihan dimulai sejak pukul 13.00 hingga 14.30 WIB.

Kemudian, skema contraflow juga akan diterapkan di ruas Tol Km 72 Tol Jakarta Cikampek hingga Km 42. Penerapan ini dilakukan karena terjadi peningkatan jumlah kendaraan.

"Untuk waktu pemberlakuannya situasional sesuai dengan diskresi kepolisian," kata Eddy.

Sebelumnya, Polri mencatat sekitar 55,8 persen warga Jakarta belum kembali ke rumah masing-masing. Meski, libur Lebaran 2023 telah berakhir.

"55,8 persen (kendaraan) yang belum pulang," ujar Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi.

Kendati demikian, tak dirinci jumlah kendaraan yang belum kembali ke Jakarta. Hanya disampaikan, langkah antisipasi peningkatan kendaraan telah dilakukan dengan cara menggelar Operasi Ketupat 2023 yang berlangsung hingga 2 Mei mendatang. Lalu, ada juga Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD).

"Jadi kita tetap akan melihat perkembangan masyarakat yang akan kembali," pungkasnya.